PENGEMBANGAN TRAINING KIT OSILATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PRAKTIK ELEKTRONIKA ANALOG II DI JPTEI FT UNY

Rasikajati, Rahestri Nur (2020) PENGEMBANGAN TRAINING KIT OSILATOR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA KULIAH PRAKTIK ELEKTRONIKA ANALOG II DI JPTEI FT UNY. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (190kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (690kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (496kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pada mata kuliah Praktik Elektronika Analog II terdapat masalah yang menghambat pemahaman mahasiswa pada beberapa materi, salah satunya adalah osilator. Selain itu pada mata kuliah Praktik Elektronika Analog II belum memiliki media pembelajaran. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Training Kit Osilator dan mengetahui unjuk kerja serta tingkat kelayakan Training Kit Osilator. Metode penelitian yang digunakan adalah Reasearch and Development (R&D) model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate) yang disederhakan pada implementasi dan evaluasi menjadi uji lapangan terbatas. Penelitian ini melibatkan 15 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektronika JPTEI FT UNY angkatan 2017. Hasil penelitian: (1) pengembangan Training Kit Osilator beserta labsheet yang terdiri dari osilator Wien Bridge, Phase Shift, Hartley, dan Colpitt; (2) hasil unjuk kerja Training Kit Osilator menghasilkan gelombang sinus dengan rerata error frekuensi pada osilator Wien Bridge sebesar 1.94%, Phase Shift sebesar 1.19%, Hartley sebesar 2.1%, dan Colpitt sebesar 1.92%; (3) tingkat kelayakan Training Kit Osilator menurut ahli materi pada aspek edukatif memiliki rerata skor 3.58 dan menurut ahli media pada aspek teknis memiliki rerata skor 3.55 sedangkan pada aspek tampilan memiliki rerata skor 3.56. Penilaian pengguna Training Kit Osilator pada aspek edukatif memiliki rerata skor 3.2, pada aspek teknis memiliki rerata skor 3.2, dan pada aspek tampilan memiliki rerata skor 3.35. Hal ini menunjukkan bahwa Training Kit Osilator sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada Mata Kuliah Praktik Elektronika Analog II.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: training kit, media pembelajaran, osilator
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 11 Feb 2020 04:06
Last Modified: 11 Feb 2020 04:06
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67457

Actions (login required)

View Item View Item