engembangan Model Pembelajaran Kooperatif berbasis Permainan untuk Menstimulasi Karakter Kerjasama dan Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun.

Nurdini, Annisa and Wuryandani, Wuri (2019) engembangan Model Pembelajaran Kooperatif berbasis Permainan untuk Menstimulasi Karakter Kerjasama dan Tanggung Jawab Anak Usia 5-6 Tahun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (771kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (613kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (729kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (748kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (546kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa model pembelajaran kooperatif berbasis permainan yang layak bagi anak usia 5-6 tahun, dan (2) mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif berbasis permainan untuk menstimulasi karakter kerjasama dan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun. Penelitian pengembangan ini mengacu pada model Borg & Gall yang terdiri dari 10 tahap pengembangan. Pada penelitian ini hanya dilakukan sampai 9 tahap pengembangan. Subjek uji coba terdiri dari 6 guru dan 15 anak pada uji coba lapangan awal, 15 guru dan 30 anak pada uji lapangan utama, dan 80 anak pada uji coba lapangan operasional yang terbagi dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpulan data melalui wawancara, angket validasi ahli, angket respon guru, dan lembar observasi karakter kerjasama dan tanggung jawab anak, selanjutnya data dianalisis dengan independet samples t-test dan paired sample t- test dengan taraf signifikansi 0,05. Penelitian pengembangan ini menghasilkan model pembelajaran kooperatif berbasis permainan, yang dapat digunakan guru untuk menstimulasi karakter kerjasama dan tanggung jawab anak. Hasil skor penilaian kelayakan materi mendapat skor “49“ yang berada pada kriteria “Sangat Layak”, sedangkan hasil skor penilaian kelayakan media mendapat skor “74“ yang berada pada kriteria “Sangat Layak”. Pada hasil uji coba lapangan awal, hasil respon guru terhadap model pembelajaran kooperatif berbasis permainan mendapat skor “72,84“ yang berada pada kriteria “Layak”, sedangkan pada uji coba lapangan utama mendapat skor “87” yang berada pada kriteria “Sangat Layak”. Keefektifan model pembelajaran kooperatif berbasis permainan diperoleh berdasarkan peningkatan karakter kerjasama dan tanggung jawab antara anak kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai α < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara karakter kerjasama dan tanggung jawab anak pada kelas eksperimen dan kelas kontrol Berdasarkan hasil tersebut, maka disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif berbasis permainan efektif untuk menstimulus karakter kerjasama dan tanggung jawab anak usia 5-6 tahun.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran kooperatif berbasis permainan, karakter kerjasama dan tanggung jawab, anak usia 5-6 tahun
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Feb 2020 04:18
Last Modified: 06 Feb 2020 04:18
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67426

Actions (login required)

View Item View Item