Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Lingkungan Sekitar Sub Tema Gaya dan Gerak Untuk Siswa Kelas IV SD N Nogopuro Yogyakarta.

Faridah, Supad and Ismaniati, Christina (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Tematik Integratif Berbasis Lingkungan Sekitar Sub Tema Gaya dan Gerak Untuk Siswa Kelas IV SD N Nogopuro Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (611kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (616kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (410kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (899kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis lingkungan sekitar pada sub tema “Gaya dan Gerak” yang layak bagi peserta didik kelas IV di SD N Nogopuro, dan (2) mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran tematik-integratif berbasis lingkungan sekitar pada sub tema “Gaya dan Gerak” untuk peserta didik kelas IV di SD N Nogopuro Yogyakarta. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Dick & Carey yang terdiri dari 10 tahap. Tahap uji coba produk dilakukan sebanyak 3 tahap yaitu fase one to one yang terdiri dari 4 peserta didik, uji dalam kelompok kecil yang terdiri dari 8 peserta didik dan uji coba terbatas pada 1 kelas yang terdiri dari 28 peserta didik. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN Nogopuro Yogyakarta sebanyak 2 kelas. Sampel untuk kelas eksperimen terdiri dari 26 peserta didik dari kelas IV A dan kelas kontrol terdiri dari 26 peserta didik dari kelas IV B. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, angket dan tes. Instrumen penilaian produk divalidasi oleh 2 ahli instrumen. Produk hasil pengembangan divalidasi oleh 2 ahli yaitu ahli materi dan ahli evaluasi. Teknik analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Teknik kuantitatif dilakukan dengan uji paired sample t-tes dan independent sample t-test dengan taraf signifikansi 0,05 dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang terdiri dari silabus, RPP, bahan ajar dan soal tes hasil belajar sudah layak berdasarkan hasil penilaian validator ahli pembelajaran SD. Hal ini ditunjukkan dari nilai masing-masing perangkat yang dikemnbangkan yaitu 4,22 untuk silabus, 4,21 untuk RPP, 4,24 untuk bahan ajar, dan 4,14 untuk tes hasil belajar. Berdasarkan hasil evaluasi formatif dan sumatif menunjukkan bahwa perangkat yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Hal ini dapat dilihat dari keterlaksanaan proses pembalajaran, aktivitas siswa, dan respon guru. Berdasarkan analisis uji paired sample t-test diperoleh bahwa terdapat perbedaan hasil belajar pada setiap kelas uji coba. Hasil analisis independent sample t-test dengan Sign. 0,000 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol akibat penggunaan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan sekitar pada sub tema “Gaya dan Gerak” Hal ini berarti pembelajaran menggunakan perangkat pembelajaran tematik integratif berbasis lingkungan sekitar lebih baik dibanding pembelajaran dengan perangkat lama.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perangkat pembelajaran, tematik-integratif, pembelajaran berbasis lingkungan sekitar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Dasar
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 06 Feb 2020 03:47
Last Modified: 06 Feb 2020 03:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67424

Actions (login required)

View Item View Item