PENGEMBANGAN KARTU RENCANA KARIER (KRK) SEBAGAI MEDIA PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS IX SMP/MTs

Zukhrufiddin, Khoirunnisa (2020) PENGEMBANGAN KARTU RENCANA KARIER (KRK) SEBAGAI MEDIA PERENCANAAN KARIER SISWA KELAS IX SMP/MTs. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
13104240167 Khoirunnisa Z - Pengembangan Kartu Rencana Karier sebagai Media Perencanaan Karier Si.pdf
Restricted to Registered users only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media yang dapat membantu siswa SMP/MTs merencananakan karier. Dalam media disusun dengan Topik sesuai dengan materi dalam SKKPD (Standar Kompetensi Kemandirian Peserta Didik) yang disesuaikan dengan teori perencanaan karier dan didesain dengan kolom isian yang kemudian disebut dengan Kartu Rencana Karier (KRK). Kartu Rencana Karier (KRK) dihadirkan dalam 1 paket yang berisi : Pedoman Penggunaan KRK, dan Kartu Rencana Karier (KRK). Pengembangan media KRK berpedoman pada teori model pengembangan oleh Borg dan Gall. Penelitian pengembangan KRK dilakukan di SMP Pembangunan Piyungan. Media Kartu Rencana Karier yang dikembangkan dalam penelitian ini diuji validasi oleh seorang ahli materi dan seorang ahli media dengan menggunakan desain ujicoba before-after. Uji coba dilakukan sebanyak 2 tahapan, tahap 1 uji coba dalam kelompok kecil dengan 10 peserta, dan uji coba 2 yang dalam kelompok besar dengan minimal 25 peserta atau 1 kelas. Pemilihan subyek uji coba dilakukan dengan metode random sampling dari populasi siswa kelas IX semester 1. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Hasil dari penelitian ini adalah media KRK dapat dikembangkan dan dinyatakan layak dengan rincian: skor uji coba awal ahli materi 68% tanpa perbaikan, ahli media adalah 90,8% dengan 2 kali perbaikan, siswa dalam kelompok kecil 86,8%dengan perbaikan, siswa kelompok besar 83,7% dengan penyempurnaan akhir. Kata kunci: media bimbingan, bimbingan karier, perencanaan karier

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Feb 2020 08:49
Last Modified: 05 Feb 2020 08:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67419

Actions (login required)

View Item View Item