HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII SLTPN 3 JETIS BANTUL YOGYAKARTA

Ramadhanna, Sheila (2020) HUBUNGAN IKLIM SEKOLAH DENGAN PENYESUAIAN DIRI PADA SISWA KELAS VIII SLTPN 3 JETIS BANTUL YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_Sheila Ramadhanna_12104249001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan iklim sekolah dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VIII SLTP N 3 Jetis Bantul Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa VIII di SLTP N 3 Jetis Bantul Yogyakarta sebanyak 176 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa VIII di SLTP N 3 Jetis Bantul Yogyakarta sebanyak 118 siswa yang dihitung menggunakan tabel Krecjie dan Morgan pada taraf signifikan 5%. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala, dan studi dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas isi dan reliabilitas menggunakan rumus cronbach alpha. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara iklim sekolah dengan penyesuaian diri pada siswa kelas VIII SLTP N 3 Jetis Bantul Yogyakarta. Hal ini ditunjukkan dari nilai r hitung lebih besar dari r tabel (0,641>0,195) dan nilai signifikansi sebesar 0,000<0,05. Variabel iklim sekolah memberikan sumbangan pada variabel penyesuaian diri pada siswa kelas VIII SLTP N 3 Jetis Bantul Yogyakarta sebesar 41,0%; sedangkan sisanya sebesar 39,0% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata kunci: iklim sekolah, dan penyesuaian diri siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 05 Feb 2020 07:40
Last Modified: 05 Feb 2020 07:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67413

Actions (login required)

View Item View Item