EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITY THERAPY DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA

Jeannet, Franscisca (2020) EFEKTIVITAS LAYANAN KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN REALITY THERAPY DALAM PERENCANAAN KARIR SISWA SMK NEGERI 1 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui ada tindaknya perbedaan yang signifikan perencanaan karir siswa kelas XI di SMK N 1 Yogyakarta yang diberikan layanan konseling kelompok dengan pendekatan reality therapy dan yang tampa layanan konseling kelompok dengan pendekatan reality therapy (2) mengetahui seberapa besar tingkat keefektifan layanan konseling kelompok dengan pendekatan reality therapy terhadap perencanaan karir siswa kelas XI di SMK N 1 Yogyakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan jenis penelitian quasi eksperiment design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI di SMK Negeri 1 Yogyakarta sejumlah 16 orang yang masing – masing dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol, penelitian ini dilaksanakan dalam 3 tahap yaitu tahap pra treatment, treatment, pasca treatment. Teknik pengumpulan data dilakukan menggunakan skala perencanaan karir, teknik analisis yang digunakan dalam penellitian ini adalah analisis statistika non parametric uji Wilcoxon. Hasil penelitian ini menyimpulkan (1) penerapan layanan konseling kelompok dengan pendekatan reality efektif terhadap perencanaan karir siswa kelas XI di SMK N 1 Yogyakarta berdasarkan uji Wilcoxon dengan menggunakan data selisih dari nilai pretets dan posttest nilai p value (Asymp. Sig 2 tailed) sebesar 0,011 yang menunjukan nilai probilitasnya dibawah 0,005 jadi artinya ada perbedaan yang signifikan pada perencanaan karir siswa kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. (2) tingkat keefektifan layanan konseling kelompok dengan pendekatan reality terhadap peningkatan perencanaan karir siswa kelas XI di SMK N 1 yogyakarta sebesar 77,25. Kata kunci : pendekatan Reality Therapy , Perencanaan Karir, Konseling kelompok

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Feb 2020 08:55
Last Modified: 04 Feb 2020 08:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67408

Actions (login required)

View Item View Item