HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA

Setiawati Eka Putri, Hana (2020) HUBUNGAN SELF MANAGEMENT DENGAN PERILAKU PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA BIMBINGAN DAN KONSELING UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi (Hana Setiawati_15104244005).pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara self management dengan perilaku prokrastinasi akademik dilingkungan Mahasiswa Bimbingan Konseling Universitas Negeri Yogyakarta. Self management adalah prosedur pengaturan perilaku oleh individu sendiri, sedangkan prokrastinasi akademik adalah sikap seseorang yang tidak disiplin dalam menggunakan waktu baik dalam mengawali atau mengakhiri suatu pekerjaan dan cenderung menunda suatu pekerjaan yang berakibat pekerjaan itu tidak selesai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis korelasi Kendalls Tau. Analisis ini dilakukan untuk mengetahui hubungan satu variabel dengan variabel lainnya. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan mahasiswa BK UNY angkatan 2016, 2017 dan 2018 yang jumlah 240 Mahasiswa. Sampel dalam penelitian menggunakan metode random sampling dengan tingkat kesalahan 5% sehingga jumlah sampel sebesar 150 Mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuisioner dengan skala likert. Analisis data menggunakan bantuan software SPSS 25. Uji validitas instrument secara internal dilakukan dengan expert judgement dilanjut dengan uji ekternal dengan melihat cronbach if item delete pada hasil analisis. Uji realibilitas instrument, melihat pada nilai koefesien alpha cronbach diperoleh 0,684 pada instrument self management dan 0,832 pada instrument prokrastinasi akademik. Penelitian ini mendapatkan hasil: (1) sebanyak 111 Mahasisswa (74%) mempunyai self management yang tinggi kemudian sebanyak 33 Mahasiswa (22%) mempunyai self management yang sedang dan sebanyak 6 Mahasiswa (4%) mempunyai self management yang rendah; (2) sebanyak 19Mahasiswa (12,6%) mempunyai perilaku prokrastinasi akademik yang tinggi kemudian 78 Mahasiswa (52%) mempunyai perilaku prokrastinasi akademik yang sedang dan53 Mahasiswa (35%) yang mempunyai perilaku prokrastinasi akademik yang rendah; (3) terdapat hubungan yang negatif signifikan antara variabel self management dengan variabel prokrasitinasi akademik dengan signifikansi sebesar 0,00 dan dengan nilai Rsequre sebesar 32,2%. Kata Kunci: Self management, prokrastinasi akademik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Feb 2020 08:47
Last Modified: 04 Feb 2020 08:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67407

Actions (login required)

View Item View Item