MENINGKATKAN KEMAMUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DALAM BERTEMAN MELALUI “BERMAIN INI TEMANKU” PADA SISWA KELAS X IPS 1

Khoirun Nisa, Hanum (2020) MENINGKATKAN KEMAMUAN PENYESUAIAN DIRI SISWA DALAM BERTEMAN MELALUI “BERMAIN INI TEMANKU” PADA SISWA KELAS X IPS 1. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningktakan kemampuan penyesuaian diri dalam berteman melalui bermain ini temanku pada siswa kelas X IPS 1. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS1 sebanyak 26 siswa. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru bimbingan dan konseling melalui dua siklus penelitian tindakan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu skala penyesuaian diri dalam berteman dan observasi. Uji validitas instrumen skala penyesuaian diri menggunakan validitas isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dengan menggunakan permainan bermian ini temanku dapat meningkatkan kemampuan penyesuaian diri siswa kelas X IPS 1. Hasil pengujian penelitian menggunakan paired sample t test menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Dan hasil pretest dan posttest dengan peningkatan signifikan skor rata-rata pretest 117,6, posttest 145,8 siklus I, dan posttest siklus II 181,0. Kata Kunci: penyesuaian diri berteman, permainan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Feb 2020 08:42
Last Modified: 04 Feb 2020 08:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67406

Actions (login required)

View Item View Item