PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERISOLIR MENGGUNAKAN GAME PUZZLE DI SMA NEGERI SEDAYU

Destiana, Farida (2020) PENINGKATAN INTERAKSI SOSIAL SISWA TERISOLIR MENGGUNAKAN GAME PUZZLE DI SMA NEGERI SEDAYU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
SKRIPSI_FARIDA DESTIANA_15104241003.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatabelakangi oleh adanya masalah interaksi sosial siswa yaitu masalah siswa terisolir di SMA Negeri 1 Sedayu. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan interaksi sosial siswa terisolir dengan menggunakan games puzzle. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan (action research) dengan menggunakan model dari Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan reflekssi. Tindakan yang dilakukan berupa bimbingan kelompok dengan metode games puzzle yang dilakukan oleh siswa terisolir. Subjek penelitian ini adalah siswa-siswa terisolir yang berjumlah 6 orang dan berasal dari siswa kelas X. Data dikumpulkan menggunakan sosiometri, instrumen skala interaksi sosial siswa yang telah diuji validitas oleh expert judgement dan validitas isi. Dilakukan juga uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach dengan tingkat reliabilitas sebesar 0,882. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa games puzzle dapat meningkatkan interaksi sosial siswa terisolir di SMA Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini dilakukan dalam dua kali siklus tindakan dimana pada setiap siklus mengalami peningkatan skor. Rata-rata peningkatan skor yang terjadi pada siklus I sebesar 5,83%. Rata-rata peningkatan skor yang terjadi pada siklus II sebesar 36,83%. Sedangkan rata-rata peningkatan pada siklus I dan siklus II adalah 20,62%. Hal ini menunjukkan bahwa pada masing-masing siklus telah menunjukkan adanya peningkatan skor yang terjadi. Pada siklus II, penelitian dicukupkan karena siswa telah mencapai skor kriteria keberhasilan tindakan yaitu skor ≥ 90 atau dalam kategori tinggi. Kata kunci: interaksi sosial, siswa terisolir, games puzzle

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:34
Last Modified: 04 Feb 2020 07:34
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67402

Actions (login required)

View Item View Item