PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA FILM TERHADAP RESILIENSI SISWA SMP

Lita Fatimah, Nurul (2020) PENGARUH BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN MEDIA FILM TERHADAP RESILIENSI SISWA SMP. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
15104241057_NURUL LITA FATIMAH_SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bimbingan kelompok dengan media film terhadap resiliensi siswa kelas VIII di sebuah SMP di Jetis, Bantul. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experiment. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yakni satu kelompok eksperimen dan satu kelompok kontrol. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII. Selanjutnya sampel penelitian diambil menggunakan teknik simple random sampling. Berdasarkan hasil undian diperoleh kelas VIII C sebagai kelompok eksperimen dan VIII F sebagai kelompok kontrol. Objek penelitian adalah resiliensi siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data menggunakan metode skala. Adapun instrumen yang digunakan yakni skala resiliensi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji Independent T-Test melalui aplikasi SPSS versi 20.0. Berdasarkan hasil uji Independent T-Test kelompok eksperimen dan kelompok kontrol menghasilkan tingkat signifikansi lebih besar dari 0,050 (0,079 > 0,050) sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan skor resiliensi kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Artinya media film tidak berpengaruh terhadap peningkatan resiliensi siswa. Kata kunci: resiliensi, bimbingan kelompok, media film

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Feb 2020 06:40
Last Modified: 04 Feb 2020 06:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67398

Actions (login required)

View Item View Item