HUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WATES TAHUN AJARAN 2018/2019

Hesti Wulandari, Dita (2020) HUBUNGAN KREATIVITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 WATES TAHUN AJARAN 2018/2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.

[img] Text
Skripsi Dita Hesti Wulandari_15104241027.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui hubungan antara kreativitas belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates, 2) mengetahui hubungan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates, dan 3) mengetahui hubungan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Sampel penelitian berjumlah 113 siswa yang dipilih secara proporsional cluster random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan meggunakan skala kreativitas belajar, skala motivasi belajar, dan skala kemandirian belajar. Teknik analisis uji hipotesis menggunakan teknik korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel secara parsial, sedangkan analisis korelasi berganda untuk menguji hubungan variabel secara bersama-sama. Tingkat signifikansi yang digunakan dalam analisis hasil uji hipotesisi ditentukan sebesar 5%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,533 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau 0,000 < 0,005, 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,723 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 atau 0,000 < 0,005, 3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kreativitas belajar dan motivasi belajar dengan kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates yang ditunjukkan dari nilai R hitung sebesar 0,755 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05) dengan koefisien determinasi (r^2) sebesar 0,569 atau 56,9% kemandirian belajar siswa kelas VII SMP Negeri 4 Wates dijelaskan oleh kreativitas belajar sebesar 13,1% dan motivasi belajar sebesar 43,9%, sedangkan 43,1% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dianalisis dalam penelitian ini. Kata kunci : Kreativiatas Belajar, Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP
Date Deposited: 04 Feb 2020 06:21
Last Modified: 04 Feb 2020 06:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67395

Actions (login required)

View Item View Item