Pengembangan Perangkat Technological Pedagogical Content Knowledge Berbasis Website untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru IPA SMP.

Tadeko, Nurgan and Wilujeng, Insih (2019) Pengembangan Perangkat Technological Pedagogical Content Knowledge Berbasis Website untuk Meningkatkan Kompetensi Pedagogi Guru IPA SMP. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (344kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Tujuan dalam penelitian yaitu menghasilkan perangkat technological and pedagogial content knowledge (TPCK) berbasis website yang layak, praktis dan efektif untuk meningkatkan kompetensi pedagogi guru IPA SMP. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan yang menggunakan model pengembangan ADDIE, terdiri dari tahapan analyze, design, develop, implement dan evaluate. Basis website yang digunakan meliputi empat unsur utamanya, yaitu technological knowledge (TK), pedagogical knowledge (PK) dan content knowledge (CK). Validasi dilakukan oleh ahli media dan ahli materi menggunakan uji kelayakan. Penilaian kompetensi pedagogi guru menggunakan lembar observasi dan angket guru yang dianalisis menggunakan pemodelan Rasch. Uji n-gain dilakukan untuk mendefinisikan hasil analisis peningkatan kompetensi pedagogi guru oleh pemodelan Rasch. Materi pembelajaran dalam penelitian ini yaitu usaha dan pesawat sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Subjek penelitian ini yaitu tiga guru IPA SMP Negeri 4 Luwuk dan SMP Negeri 3 Luwuk untuk uji coba terbatas dan 10 guru IPA SMP di Kecamatan Luwuk pada uji coba lapangan sesuai materi tersebut. Kelayakan perangkat TPCK yang dikembangkan berdasarkan hasil penilaian ahli materi berkategori sangat layak. Kelayakan website berdasarkan pendapat ahli media berkategori layak. Analisis hasil uji coba produk menggunakan pemodelan Rasch menunjukkan adanya perubahan abilitas kompetensi pedagogi guru menjadi lebih tinggi. Peningkatan ditunjukkan melalui uji n-gain dengan nilai 0,44 pada penilaian berdasarkan observasi dan 0,38 berdasarkan angket guru yang secara umum berkategori sedang. Hasil ini menunjukkan perangkat efektif meningkatkan kompetensi pedagogi guru IPA SMP.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-learning guru, kompetensi pedagogi, perangkat TPCK
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Sains
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:43
Last Modified: 03 Feb 2020 06:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67379

Actions (login required)

View Item View Item