Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan.

Duwata, Nisalia and Suharno, Suharno (2019) Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (731kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (193kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (382kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (404kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (151kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan komik digital sebagai media pembelajaran untuk mata pelajaran PPKn kelas X semester 2 di MA Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta. Komik digital tersebut memudahkan siswa dalam mempelajari materi KD 3.5 sesuai Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model Borg & Gall. Komik yang dikembangkan adalah komik digital berjudul Integrasi Nasional dalam Bhineka Tunggal Ika. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, dan 27 siswa yang menilai media pembelajaran komik digital pada uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan yang dipilih menggunakan teknik random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan angket untuk menilai kelayakan media pembelajaran komik digital. Data dianalisis secara deskriptif kuantitaif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran komik digital layak digunakan dalam pembelajaran. Kesimpulan ini ditarik berdasarkan nilai rata-rata yang diberikan ahli materi 4 termasuk kriteria baik, nilai rata-rata yang diberikan ahli media 4,2 termasuk kriteria sangat baik, nilai rata-rata yang diberikan siswa pada uji coba satu-satu 4,39, nilai rata-rata yang diberikan siswa pada uji coba kelompok kecil 4,44 termasuk kriteria sangat baik dan nilai rata- rata yang diberikan siswa pada uji coba lapangan 4,46 termasuk kriteria sangat baik.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran komik digital, mata pelajaran PPKn
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 05:47
Last Modified: 03 Feb 2020 05:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67373

Actions (login required)

View Item View Item