Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Budaya Belajar, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Melanjutkan Studi pada Siswa SMP Negeri 1 Saptosari Gunungkidul.

Diba, Monica Farra and Retnowati, Trie Hartiti (2019) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Budaya Belajar, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Melanjutkan Studi pada Siswa SMP Negeri 1 Saptosari Gunungkidul. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (255kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (821kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (582kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (69kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (365kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Universitas Negeri Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari; (2) budaya belajar terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari; (3) lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari; (4) status sosial ekonomi orang tua, budaya belajar, dan lingkungan sosial secara simultan berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMA Negeri 1 Saptosari sejumlah 156 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan rumus Slovin pada α = 0,05 diperoleh sampel sebesar 112. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Validitas instrumen diukur berdasarkan content validity dan construct validity Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari dengan sumbangan efektif sebesar 1,8%; (2) budaya belajar berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari dengan sumbangan efektif sebesar 26,62%; (3) lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari dengan sumbangan efektif sebesar 22,52%; (4) status sosial ekonomi orang tua, budaya belajar, dan lingkungan sosial secara simultan berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari dengan sumbangan efektif sebesar 50,9%. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,496 (49,6%) yang bermakna bahwa 49,6% minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orang tua, budaya belajar, dan lingkungan sosial, sedangkan sisanya sebesar 50,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: status sosial ekonomi, budaya belajar, lingkungan sosial, minat melanjutkan studi
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 05:12
Last Modified: 03 Feb 2020 05:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67371

Actions (login required)

View Item View Item