Diba, Monica Farra and Retnowati, Trie Hartiti (2019) Pengaruh Status Sosial Ekonomi Orang Tua, Budaya Belajar, dan Lingkungan Sosial terhadap Minat Melanjutkan Studi pada Siswa SMP Negeri 1 Saptosari Gunungkidul. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (255kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (821kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (582kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (69kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (365kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Universitas Negeri Yogyakarta, 2018. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh: (1) status sosial ekonomi orang tua terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari; (2) budaya belajar terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari; (3) lingkungan sosial terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari; (4) status sosial ekonomi orang tua, budaya belajar, dan lingkungan sosial secara simultan berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah siswa kelas IX SMA Negeri 1 Saptosari sejumlah 156 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan rumus Slovin pada α = 0,05 diperoleh sampel sebesar 112. Pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner. Validitas instrumen diukur berdasarkan content validity dan construct validity Reliabilitas instrumen dihitung dengan menggunakan rumus alpha cronbach. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Status sosial ekonomi orang tua tidak berpengaruh terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari dengan sumbangan efektif sebesar 1,8%; (2) budaya belajar berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari dengan sumbangan efektif sebesar 26,62%; (3) lingkungan sosial berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari dengan sumbangan efektif sebesar 22,52%; (4) status sosial ekonomi orang tua, budaya belajar, dan lingkungan sosial secara simultan berpengaruh positif terhadap minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari dengan sumbangan efektif sebesar 50,9%. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,496 (49,6%) yang bermakna bahwa 49,6% minat melanjutkan studi siswa SMP Negeri 1 Saptosari dipengaruhi oleh status sosial ekonomi orang tua, budaya belajar, dan lingkungan sosial, sedangkan sisanya sebesar 50,4% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | status sosial ekonomi, budaya belajar, lingkungan sosial, minat melanjutkan studi |
Subjects: | Ilmu Sosial > Pendidikan IPS |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 05:12 |
Last Modified: | 03 Feb 2020 05:12 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67371 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |