Pengembangan Materi Ajar Pembelajaran Geografi dengan Tema Perubahan Iklim Global Berbasis ICT untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X.

Arozaq, Miftahul and Wardana, Amika (2019) Pengembangan Materi Ajar Pembelajaran Geografi dengan Tema Perubahan Iklim Global Berbasis ICT untuk Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (274kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (72kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk materi ajar geografi dengan tema perubahan iklim global berbasis ICT yang layak digunakan sebagai alat bantu pembelajaran di Sekolah SMA kelas X. Materi ajar yang dikembangkan merupakan bahan ajar geografi yang diterapkan untuk memberikan pemahaman peserta didik dalam mengenal hubungan dan dampak kajian fisik (lingkungan) dan manusia dalam konteks keruangan sebagai akibat dari dinamika atmosfera. Metode penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan Alessi dan Trollip. Materi ajar diujicobakan di sekolah kelas X SMA Al Islam 1 Surakarta. Data didapatkan dari kajian pustaka, wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini adalah :1). Materi ajar yang sudah di uji coba alfa test oleh ahli materi terhadap kualitas produk yang ditinjau dari format materi diketahui bahwa rata-rata mempunyai skor 4, dengan kategori sangat baik, aspek isi diketahui mempunyai nilai rata-rata skor 3,8 dengan kategori baik, aspek kebahasaan dan tulisan dengan nilai rata-rata skor 3,2 dengan kategori baik serta aspek ilustrasi, tata letak tabel dan gambar dengan nilai rata-rata skor 4 yang berkategori sangat baik. 2). Hasil uji coba alfa test dan beta test diketahui bahwa materi ajar yang dikembangkan oleh peneliti ini layak digunakan sebagai sumber belajar dan mampu mendukung aktivitas kegiatan belajar peserta didik yang lebih menyenangkan, memberikan motivasi belajar serta dapat dijadikan sumber belajar secara mandiri.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:56
Last Modified: 08 Feb 2022 02:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67370

Actions (login required)

View Item View Item