Efektivitas Penggunaan Google Classroom Berbasis Easy Adjustment dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta.

Habie, Rahmawati Sarizki and Mulyani, Endang (2019) Efektivitas Penggunaan Google Classroom Berbasis Easy Adjustment dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Jurusan Akuntansi Kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (266kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (481kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (475kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (305kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan efektivitas penggunaan google classroom berbasis easy adjustment pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam meningkatkan motivasi belajar siswa akuntansi. (2) perbedaan efektivitas penggunaan google classroom berbasis easy adjustment pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian komparasi dengan kuasi eksperimen (quasi experiment), pada siswa kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa, terdiri atas 30 siswa kelas X AK 1 sebagai kelas eksperimen dan 30 siswa kelas X AK 2 sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, angket, dan lembar pengamatan (observasi). Analisis data menggunakan uji Mann-whitney U. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada perbedaan efektivitas penggunaan google classroom berbasis easy adjustment pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam meningkatkan motivasi belajar siswa akuntansi. Hal ini ditunjukkan dengan hasil uji beda Z = -3.815 pada tingkat signifikansi 0,000<0,05 serta hasil akhir motivasi belajar mendapat persentase 75% pada kelas eksperimen artinya efektif, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 62% artinya cukup efektif. (2) ada perbedaan efektivitas penggunaan google classroom berbasis easy adjustment pada kelas eksperimen dan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol dalam meningkatkan hasil belajar siswa akuntansi. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji beda Z = -2.934 pada tingkat signifikansi 0,003<0,05 serta hasil belajar menunjukkan skor persentase 70% pada kelas eksperimen artinya efektif, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 61% artinya cukup efektif. Lebih efektif pembelajaran yang menggunakan google classroom berbasis easy adjustment pada kelas eksperimen dibandingkan dengan pembelajaran konvensional pada kelas kontrol.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: google classroom, easy adjustment, motivasi belajar, hasil belajar.
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:42
Last Modified: 03 Feb 2020 04:42
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67369

Actions (login required)

View Item View Item