Efektifitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior terhadap Penurunan Perilaku Bullying di SMA Negeri 1 Dagangan Kabupaten Madiun.

Raras, Handamari Anggana and Astuti, Budi (2019) Efektifitas Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior terhadap Penurunan Perilaku Bullying di SMA Negeri 1 Dagangan Kabupaten Madiun. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (272kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (38kB) | Preview
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok rational emotive behavior terhadap penurunan perilaku bullying pada siswa di SMA Negeri 1 Dagangan. Penelitian ini merupakan penelitian pre experiment dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Dagangan Madiun sebanyak 192 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, sehingga diperoleh sampel pada kelompok eksperimen sebanyak 6 siswa dan sampel pada kelompok kontrol sebanyak 6 siswa. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan Mann-Whitney Test dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: konseling kelompok rational emotive behavior efektif terhadap penurunan perilaku bullying siswa di SMA Negeri 1 Dagangan, dibuktikan dengan nilai Zhitung sebesar -2,887 dan p = 0,000<0,05. (2) Perilaku bullying siswa di SMA Negeri 1 Dagangan hanya turun sedikit, Hal tersebut dibuktikan dengan nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 66,67 dan rata-rata posttest turun sebesar 32,67 setelah diberikan perlakuan dengan pendekatan rational emotive behavior. Kemudian nilai rata-rata pretest kelompok kontrol sebesar 65,50 dan rata-rata postest turun menjadi 50,83. Dengan demikian pendekatan rational emotive behavior efektif terhadap penurunan perilaku bullying siswa di SMA Negeri 1 Dagangan.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: perilaku bullying, rational emotive behavior
Subjects: Pendidikan > Bimbingan
Pendidikan > Konseling
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 04:22
Last Modified: 16 Dec 2021 06:29
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67365

Actions (login required)

View Item View Item