Implementasi Nilai Sosial dan Agama dalam Pembelajaran di TK Kartini III Gilingan.

Arti, Muflikhah Siwi and Fauziah, Puji Yanti (2019) Implementasi Nilai Sosial dan Agama dalam Pembelajaran di TK Kartini III Gilingan. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (678kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I .pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (462kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (430kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (65kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) implementasi nilai-nilai sosial dan agama, (2) perkembangan implementasi nilai-nilai sosial dan agama, dan (3) hambatan dan dukungan dalam implementasi nilai-nilai sosial dan agama di TK Kartini III Gilingan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala TK, guru-guru dan siswa di TK Kartini 03 Gilingan Surakarta. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aspek-aspek penelitian ini mencakup materi, pendidik, metode, perkembangan implementasi serta hambatan hambatan dan dukungan dalam implementasi nilai-nilai sosial dan agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama metode pembelajaran yang digunakan untuk implementasi nilai-nilai sosial dan agama adalah metode bercerita, pembiasaan dan benyanyi, akan tetapi metode yang benar-benar diterapkan dalam implementasi nilai-nilai sosial dan agama hanyalah metode pembiasaan saja. Kedua, materi yang ditanamkan di TK Kartini III Gilingan mengacu pada Permendikbud 146 tahun 2014. Dari semua kompetensi dasar yang ada pada Permendikbud tersebut, hanya ada beberapa materi saja yang dikembangkan. Ketiga, lingkungan sekolah menjadi hambatan paling yang berdekatan dengan area lokalisasi yang kurang baik untuk anak-anak. Orangtua dan pendidik mengharapkan adanya kerjasama dari pemerintah setempat dan warga di sekitar area lokalisasi untuk sama-sama menertibkan lingkungan agar menjadi lingkungan yang baik bagi anak-anak di TK Kartini III.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) implementasi nilai-nilai sosial dan agama, (2) perkembangan implementasi nilai-nilai sosial dan agama, dan (3) hambatan dan dukungan dalam implementasi nilai-nilai sosial dan agama di TK Kartini III Gilingan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Subjek penelitian ini terdiri dari Kepala TK, guru-guru dan siswa di TK Kartini 03 Gilingan Surakarta. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Aspek-aspek penelitian ini mencakup materi, pendidik, metode, perkembangan implementasi serta hambatan hambatan dan dukungan dalam implementasi nilai-nilai sosial dan agama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: pertama metode pembelajaran yang digunakan untuk implementasi nilai-nilai sosial dan agama adalah metode bercerita, pembiasaan dan benyanyi, akan tetapi metode yang benar-benar diterapkan dalam implementasi nilai-nilai sosial dan agama hanyalah metode pembiasaan saja. Kedua, materi yang ditanamkan di TK Kartini III Gilingan mengacu pada Permendikbud 146 tahun 2014. Dari semua kompetensi dasar yang ada pada Permendikbud tersebut, hanya ada beberapa materi saja yang dikembangkan. Ketiga, lingkungan sekolah menjadi hambatan paling yang berdekatan dengan area lokalisasi yang kurang baik untuk anak-anak. Orangtua dan pendidik mengharapkan adanya kerjasama dari pemerintah setempat dan warga di sekitar area lokalisasi untuk sama-sama menertibkan lingkungan agar menjadi lingkungan yang baik bagi anak-anak di TK Kartini III.
Subjects: Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru PAUD
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 02:59
Last Modified: 03 Feb 2020 02:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67356

Actions (login required)

View Item View Item