Pengembangan SSP Materi Hukum Newton pada Permainan Tradisional Potlele Berbantuan Android untuk Meningka-tkan Kemampuan Kerjasama dan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik SMA.

Garung, Etheldreda Rosari and Supahar, Supahar (2019) Pengembangan SSP Materi Hukum Newton pada Permainan Tradisional Potlele Berbantuan Android untuk Meningka-tkan Kemampuan Kerjasama dan Kemampuan Representasi Matematis Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (125kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (489kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (82kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (515kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (l) menghasilkan SSP Materi Hukum Newton pada permainan tradisional potlele berbantuan Android yang layak untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan kemampuan representasi matematis peserta didik, dan (2) mengetahui efektivitas penggunaan SSP yang dihasilkan tersebut untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan kemampuan representasi matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan research and development yang menggunakan desain model 4-D (define, design, develop, dan disseminate). Subjek penelitian ini adalah 263 peserta didik kelas XI IPA dari beberapa SMA yang ada di Nusa Tenggara Timur (NTT) tahun ajaran 201812019 yang terlibat dalam uji empiris, 30 peserta didik kelas XI IPA SMAN I Bolan tahun ajaran 201812019 yang terlibat dalam uji coba terbatas dan 94 peserta didik SMAK Giovani Kupang tahun ajaran 201812019 yang terlibat dalam uji coba lapangan. Intrumen yang digunakan adalah tes kemampuan representasi matematis peserta didik, lembar observasi kemampuan kerjasama, angket penilaian kelayakan produk, angket telaah instrumen tes, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis yang digunakan untuk menguji kelayakan produk adalah standar baku sedangkan kevalidan instrumen soal dan lembar observasi menggunakan Aiken'V dan analisis Partial Credit Model (PCM) menurut teori respon butir (lRT). Tel<nik analisis uji efektivitas produk menggunakan Generalized Linear Model (GLM) dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (l) Produk SSP materi hukum Newton yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan pada penilaian materi dan instrumen menurut ahli, praktisi dan teman sejawat, dengan kategori baik. Butir instrumen tes dan non-tes memenuhi kriteria valid menurut ahli, praktisi, praktisi, teman sejawat, dan reliabel sesuai teori respons butir pada Partial Credit Model (PCM) serta pendekatan inter-rater. (2) Produk SSP hukum Newton yang dikembangkan efektif digunakan untuk meningkatkan kemampuan kerjasama dan kemampuan representasi matematis dengan nilai partial eta square sebesar 76% dan 84% yang lebih besar dibandingkan menggunakan SSP hukum Newlon berbantuan modul cetak potlele dan SSP llukum NeMon berbantuan modul cetak yang biasa digunakan guru.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, kerjasama, permainan tradisional potlele, representasiqf, matematis, SSP
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 01:55
Last Modified: 10 Oct 2023 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67346

Actions (login required)

View Item View Item