Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Local Wisdom untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik SMA.

Wardani, Yeni Ristya and Mundilarto, Mundilarto (2019) Pengembangan E-Book Fisika Berbasis Local Wisdom untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Ilmiah Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (213kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (777kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (411kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) kelayakan e- book fisika berbasis local wisdom, dan (2) keefektifan e-book fisika berbasis local wisdom dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan kemampuan komunikasi ilmiah peserta didik SMA. Local wisdom yang digunakan pada penelitian ini adalah permainan tradisional nekeran yang dihubungkan dengan materi fisika momentum dan impuls. Penelitian ini menggunakan model 4-D yaitu define, design, develop, dan disseminate. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Subjek penelitian terdiri dari subjek uji coba terbatas sebanyak 34 peserta didik kelas X MIPA 1 SMA N 1 Karanganom tahun ajaran 2018/2019, 300 peserta didik kelas XI IPA dari beberapa SMAN di Klaten tahun ajaran 2018/2019 untuk uji empiris soal, dan subjek uji coba lapangan adalah 100 peserta didik X MIPA SMA N 3 Klaten tahun ajaran 2018/2019. Instrumen penelitian terdiri dari angket telaah instrumen penilaian, angket respons peserta didik terhadap produk e-book, dan tes kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah yang digunakan saat pretest dan posttest. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji kelayakan produk menggunakan skala baku. Teknik analisis uji efektifitas produk dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah peserta didik adalah generalized linear model pada nilai partial eta squared Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) telah dihasilkan e-book fisika berbasis local wisdom yang layak digunakan dalam pembelajaran fisika SMA dengan kategori sangat baik menurut penilaian ahli, praktisi, dan teman sejawat; (2) e-book yang dihasilkan tersebut efektif digunakan dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan komunikasi ilmiah peserta didik dengan nilai partial eta squared sebesar 88% dan 81%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: e-book fisika, kemampuan pemecahan masalah, kemampuan komunikasi ilmiah, local wisdom
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 01:48
Last Modified: 03 Feb 2020 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67345

Actions (login required)

View Item View Item