Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem-Based Learning Berbantuan Web untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik SMA.

Apriliasari, Rizky Nur and Suparwoto, Suparwoto (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem-Based Learning Berbantuan Web untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Keterampilan Kolaborasi Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (135kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (681kB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (716kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (137kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika berbasis problem-based learning (PBL) berbantuan web yang layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi peserta didik dalam pembelajaran fisika SMA, (2) mengungkapkan keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan tersebut dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi peserta didik SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model pengembangan 4D Thiagarajan et al., (1947) yang terdiri dari define, design, develop, dan disseminate. Subjek uji coba terbatas adalah 20 peserta didik kelas X MIA SMAN 2 Klaten. Subjek uji lapangan operasional pada kelas eksperimen dan kontrol masing-masing sebanyak 36 peserta didik pada tiga kelas X MIA SMAN 2 Klaten. Instrumen perangkat pembelajaran berupa silabus, RPP, LKPD, materi pembelajaran, dan media pembelajaran, serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, soal tes kemampuan pemecahan masalah, angket keterampilan kolaborasi, dan angket respon peserta didik. Teknik analisis data menggunakan analisis gain, uji statistik multivariat Hotteling’s Trace, dan analisis Effect Size. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian para ahli secara keseluruhan dengan kategori “sangat baik” dan penilaian peserta didik dengan kategori “baik”. (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi peserta didik berdasarkan analisis gain, secara berturut-turut peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi peserta didik sebesar 0,62 dan 0,48. Hasil analisis uji multivariat Hotteling’s Trace menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yakni sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi, dan nilai effect size besar perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan keterampilan kolaborasi secara berturut- turut sebesar 0,52 (berkategori sedang) dan 0,25 (berkategori sedang).

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pemecahan masalah, keterampilan kolaborasi, PBL, perangkat pembelajaran, web
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 01:38
Last Modified: 10 Oct 2023 08:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67344

Actions (login required)

View Item View Item