PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN REGISTER GESER UNTUK MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI SMK N 1 PUNDONG BANTUL

Abraham, Dedi (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN REGISTER GESER UNTUK MATA PELAJARAN PENERAPAN RANGKAIAN ELEKTRONIKA KELAS XI SMK N 1 PUNDONG BANTUL. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (770kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (47kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (315kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran alat peraga untuk mata pelajaran penerapan rangkaian elektronika, (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran alat peraga register geser, (3) mengetahui tingkat kelayakan produk media pembelajaran alat peraga register geser. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (analysis, design, development & implementation, and evaluation). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan angket. Tahap pengujian kelayakan produk dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Pada tahap evaluasi produk dilakukan penilaian oleh siswa sebagai pengguna. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Pundong dengan subyek penelitian yang melibatkan 36 siswa dari program keahlian Teknik Audio Video. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian dari penelitian ini adalah: (1) pengembangan media pembelajaran sudah sesuai dengan rancangannya sebagai media pembelajaran praktik menarapkan macam-macam rangkaian register geser di SMK Negeri 1 Pundong. (2) Pengujian ujuk kerja elektronik mendapat hasil baik dan uji coba rangakaian register geser mendapat hasil baik. (3) penilaian kelayakan oleh ahli materi memperoleh prosentase sebesar 83,33% termasuk dalam kategori sangat layak, penilaian kelayakan oleh ahli media memperoleh prosentase sebesar 81,25% termasuk dalam kategori layak, penilaian terhadap pengguna guru memperoleh prosentase sebesar 82,14% termasuk dalam kategori sangat layak, sedangkan penilaian terhadap siswa memperoleh prosentase sebesar 80,36% termasuk dalam kategori baik sehingga media pembelajaran register geser layak digunakan sebagai media pembelajaran mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika kompetensi dasar Menerapkan Macam-Macam Rangkaian Shift Register pada Kelas XI Program Keahlian Teknik Audio Video Di SMK Negeri 1 Pundong.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: register geser, media pembelajaran
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Jan 2020 08:12
Last Modified: 30 Jan 2020 08:12
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67338

Actions (login required)

View Item View Item