Pengembangan Instrumen Tes Multirepresentasi Fisika SMA Dan Korelasinya Terhadap Kecerdasan Majemuk.

Juwanda, Rio and Prasetyo, Zuhdan Kun (2019) Pengembangan Instrumen Tes Multirepresentasi Fisika SMA Dan Korelasinya Terhadap Kecerdasan Majemuk. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (783kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (285kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (640kB)
[img] Text
Bab III .pdf
Restricted to Registered users only

Download (294kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (697kB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (536kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen tes multirepresentasi fisika yang valid, reliabel, dan layak digunakan untuk mengukur kemampuan multirepresentasi fisika peserta didik, (2) mengetahui profil kemampuan multirepresentasi fisika peserta didik SMA di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan, (3) mengetahui korelasi antara kategori kemampuan multirepresentasi fisika peserta didik dan kategori kecerdasan majemuk yang dimiliki peserta didik. Penelitian pengembangan ini menggunakan model 4DforTest, merupakan adaptasi model 4D yang meliputi define, design, develop, dan disseminate dengan menyesuaikan dan mengikuti proses pengembangan instrumen tes yang mencakup (a) kajian pustaka dan pra penelitian, (b) penyusunan spesifikasi tes termasuk pedoman penskoran dengan model kredit parsial, (c) penulisan aitem, (d) validasi oleh ahli, (e) ujicoba instrumen, (f) analisis data hasil ujicoba berdasarkan teori respon butir untuk mendapatkan hasil pada tujuan penelitian (1), (g) uji lapangan dan analisis data hasilnya untuk mendapatkan jawaban pada tujuan penelitian (2) dan (3), dan (h) pendistribusian produk. Penelitian ini dilakukan di 6 SMA Negeri di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan dengan jumlah 556 peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan (1) instrumen tes multirepresentasi fisika yang dikembangkan telah valid, reliabel, dan layak digunakan untuk mengukur kemampuan multirepresentasi fisika peserta didik; (a) berdasarkan validasi ahli, indeks Aiken V sebesar 0,95, (b) Hasil ujicoba empiris menyatakan instrumen tes cocok dengan PCM dengan nilai INFIT MNSQ berada pada rentang 0,91 – 1,18, (c) tingkat kesukaran soal memenuhi kriteria dengan rentang -0,95 – 0,57 skala logit, (d) instrumen tes multirepresentasi fisika yang dikembangkan telah reliabel dengan nilai Alpha-Cronbach sebesar 0,70, (2) Berdasarkan hasil uji lapangan, profil kemampuan multirepresentasi peserta didik SMA di Kabupaten Lahat paling tinggi berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 40,73, (3) Berdasarkan hasil uji korelasi kontingensi menggunakan koefisien Cramer didapatkan (a) terdapat korelasi antara kategori kemampuan aspek representasi verbal dan kategori kecerdasan majemuk dengan nilai koefisien Cramer sebesar 0,071, (b) terdapat korelasi antara kategori kemampuan aspek representasi grafik dan kategori kecerdasan majemuk dengan nilai koefisien Cramer sebesar 0,067, (c) terdapat korelasi antara kategori kemampuan aspek representasi diagram dan kategori kecerdasan majemuk dengan nilai koefisien Cramer sebesar 0,069, (d) terdapat korelasi antara kategori kemampuan aspek representasi matematis dan kategori kecerdasan majemuk dengan nilai koefisien Cramer sebesar 0,061.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Instrumen Tes, Multirepresentasi Fisika, Model Kredit Parsial, Kecerdasan Majemuk.
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 03 Feb 2020 01:35
Last Modified: 11 Oct 2023 08:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67335

Actions (login required)

View Item View Item