Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Web untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Memperbaiki Model Mental Peserta Didik SMA.

Zahro, Raisuz and Suparwoto, Suparwoto (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning Berbantuan Web untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Memperbaiki Model Mental Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (24MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis Problem Based Learning (PBL) berbantuan web yang layak digunakan untuk pembelajaran di SMA kelas XI; (2) mendeskripsikan keefektifan perangkat pembelajaran tersebut dalam peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik SMA; (3) menggambarkan profil kemampuan peserta didik dari hasil pengembangan perangkat pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan model 4D Thiagarajan et al., (1974) yang terdiri dari define, design, developh, dan disseminate. Subjek uji coba terbatas terdiri dari 20 peserta didik kelas XI MIPA SMAN 1 Wonosobo. Subjek uji lapangan operasional terdiri atas 95 peserta didik dari tiga kelas XI MIPA di SMAN 1 Wonosobo. Instrumen perangkat pembelajaran pembelajaran yang digunakan adalah silabus, RPP, LKPD, materi pembelajaran, dan media pembelajaran serta instrumen pengumpulan data berupa lembar validasi, soal tes model mental, lembar observasi KPS dan angket respon peserta didik. Analisis data menggunakan analisis gain, uji statistik multivariat, dan analisis effect size. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran fisika berdasarkan penilaian para ahli secara keseluran dengan kategori ”sangat baik”; (2) perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif dalam meningkatkan KPS dan memperbaiki model mental peserta didik berdasarkan analisis gain, secara berturut- turut peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik sebesar 0,78 dan 0,67. Hasil analisis uji multivariat Wilks’ Lambda menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,000 sehingga terdapat perbedaan peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik. nilai effect size besar perbedaan peningkatan KPS dan perbaikan model mental peserta didik secara berturut-turut sebesar 1,85 (kategori besar) dan 1,61 (kategori besar); (3) perangkat pembelajaran yang dikembangkan menghasilkan gambaran profil kemampuan peserta didik dengan rata-rata tertinggi diperoleh pada kelas yang menggunakan perangkat pembelajaran berbasis PBL berbantuan web.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Perangkat pembelajaran, PBL, web, keterampilan proses sains, model mental
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jan 2020 06:39
Last Modified: 09 Oct 2023 02:19
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67334

Actions (login required)

View Item View Item