Hariadi, M. Helmi and Jumadi, Jumadi (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Proyek-Kolaboratif Berbantuan Google Classroom untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Literasi TIK Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
Text
Cover.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
Text
Bab I.pdf Restricted to Registered users only Download (890kB) |
|
Text
Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (814kB) |
|
Text
Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (933kB) |
|
Text
Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
Text
Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (110kB) |
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (156kB) |
|
Text
Lampiran.pdf Restricted to Registered users only Download (23MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model proyek-kolaboratif berbantuan Google Classroom yang layak digunakan dalam pembelajaran; (2) menguji efektivitas perangkat pembelajaran yang dihasilkan dalam peningkatan kemampuan berpikir kreatif peserta didik; (3) menghasilkan perangkat pembelajaran fisika model proyek-kolaboratif berbantuan Google Classroom yang efektif terhadap peningkatan kemampuan literasi TIK peserta didik; (4) mengungkapkan perbedaan efektivitas perangkat pembelajaran fisika model proyek-kolaboratif berbantuan Google Classroom dengan model konvensional terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan literasi TIK peserta didik. Desain penelitian ini adalah R&D dengan model 4D yang mengacu pada Thiagarajan. Penelitian ini terdiri dari tahap: (1) Define, meliputi studi pendahuluan, analisis peserta didik, analisis tugas, analisis konsep, spesifikasi tujuan pembelajaran, serta penyusunan perangkat penelitian dan tes; (2) Design, terdiri dari pemilihan media, pemilihan format, dan desain awal perangkat pembelajaran hingga dihasilkan desain produk awal; (3) Develop, terdiri dari validasi oleh ahli, praktisi, dan teman sejawat, revisi tahap I, uji lapangan terbatas, revisi tahap II, serta uji lapangan operasional; (4) Disseminate, merupakan tahap penyebaran perangkat pembelajaran yang telah diujikan dalam uji lapangan operasional. Subjek penelitian adalah 28 orang peserta didik kelas XI MIPA-3 SMA Negeri 1 Aikmel. Produk yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, LKPD, lembar validasi dan kelayakan produk, angket keterbacaan LKPD, dan angket respon peserta didik terhadap pembelajaran fisika. Instrumen yang dikembangkan adalah instrumen untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif berupa soal uraian serta instrumen pengukur kemampuan literasi TIK dalam bentuk lembar observasi dan angket kemampuan literasi TIK. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis inferensial. Analisis inferensial menggunakan uji MANOVA dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran. (2) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik. (3) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan kemampuan literasi TIK peserta didik. (4) Terdapat perbedaan efektivitas penggunaan model proyek-kolaboratif berbantuan Google Classroom dengan model demonstrasi terhadap peningkatan kemampuan berpikir kreatif dan literasi TIK peserta didik.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat pembelajaran, model proyek-kolaboratif, Google Classroom, berpikir kreatif, literasi TIK |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 05:05 |
Last Modified: | 11 Oct 2023 08:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67329 |
Actions (login required)
View Item |