engembangan Multimedia Learning Modules (MLM) Berbasis Kearifan Lokal Upacara Larung Sesaji Untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Representasi Vektor Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi

Setiyadi, Ahdika and Warsono, Warsono (2019) engembangan Multimedia Learning Modules (MLM) Berbasis Kearifan Lokal Upacara Larung Sesaji Untuk Meningkatkan Representasi Matematis dan Representasi Vektor Siswa SMA pada Materi Usaha dan Energi. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (181kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (849kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (513kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (291kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk: (1) menghasilkan multimedia learning modules (MLM) berbasis kearifan local Upacara Larung Sesaji yang layak digunakan dalam proses belajar mengajar fisika, (2) mengetahui keefektifan penggunaan MLM dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan vektor peserta didik SMA pada materi usaha dan energi dan (3) mengetahui profil kemampuan pengguna MLM dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan vektor peserta didik SMA pada materi usaha dan energi Peneliti menggunakan model pengembangan 4-D (Define, Design, Develop dan Disseminate) dalam pengembangan penelitian. 30 peserta didik kelas XI digunakan sebagai subjek uji coba terbatas dan 90 peserta didik kelas X IPA SMA Negeri 1 Petanahan tahun ajaran 2018/2019 sebagai subjek uji lapangan. Desain yang digunakan adalah pretes-postes control group design. Penelitian ini menggunakan 2 tipe instrument penelitian yaitu instrument non tes dan intrumen tes. Intrumen non tes terdiri dari lembar penilian produk dan materi. Instrument es terdiri dari soal essay pretes dan postes untuk menilai kemampuan representasi matematis dan vector peserta didik kelas X. Teknik Aiken’s V, skala baku dan General Linear Model dengan taraf signifikasin 5% diperoleh sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) MLM berbasis kearifan lokal larung sesaji layak digunakan dalam pembelajaran berdasarkan penilaian ahli, guru, teman sejawat dan respon siswa. Tingkat kelayakan MLM adalah baik; (2) MLM berbasis kearifan lokal upacara larung sesaji efektif dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan vektor dengan nilai mean differences sebesar -25.37 dan - 37,185. Selain itu, besar sumbangan efektif MLMs untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan vektor secara berturut-turut adalah 50,4% dan 63,3%; (3) Profil kemampuan representasi matematis peserta didik pengguna MLM adalah 5 peserta didik mendapatkan kategori nilai B, 19 peserta didik mendapatkan kategori C dan 2 peserta didik mendapatkan kategori D sedangkan profil kemampuan representasi vektor peserta didik pengguna MLM adalah 3 peserta didik mendapatkan nilai kategori A, 11 peserta didik mendapatakan nilai kategori B, 12 peserta didik mendapatkan nilai kategori C dan 1 peserta didik mendapatkan nilai D

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: multimedia learning module, kearifan local, upacara larung sesaji, kemampuan representasi, matematis, vektor
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:40
Last Modified: 30 Jan 2020 04:40
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67327

Actions (login required)

View Item View Item