Pengembangan Aplikasi Worked Example Kinematika Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Grafik Fisika SMA.

Alfiani, Adlina and Supahar, Supahar (2019) Pengembangan Aplikasi Worked Example Kinematika Berbantuan Android untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis dan Grafik Fisika SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text
Cover.pdf
Restricted to Registered users only

Download (916kB)
[img] Text
Bab I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (207kB)
[img] Text
Bab II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (674kB)
[img] Text
Bab IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Bab V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (90kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) kelayakan aplikasi worked example kinematika berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan grafik fisika peserta didik (2) pemanfaatan aplikasi worked example kinematika berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan grafik fisika peserta didik (3) Kefektifitas aplikasi worked example kinematika berbantuan android untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis dan grafik fisika peserta didik. Penelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan model kombinasi antara model 4D (Four-D Models) dan ADDIE. Pengenbangan dilakukan dengan enam tahap yaitu: tahap Analisis (Analyze), tahap perancangan (Design). tahap pengembangan (Development), tahap implementasi (Implementation), tahap evaluasi (Evaluation), tahap penyebaran (Disseminate). Validasi produk dilakukan oleh ahli materi fisika, ahli media pembelajaran, guru fisika dan teman sejawat. Uji coba produk dilakukan pada peserta didik kelas XI MIPA SMAN 9 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian kualitas produk, tes kemampuan representasi matematis dan grafik. Teknik analisis data menggunakan General Linear Model (GLM) dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian adalah sebagai berikut (1) aplikasi WE kinematika yang dibuat layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran ditinjau dari penilaian aspek materi dengan nilai rerata seluruh aspek melalui Aiken’s V sebesar 0,93, aspek media dengan nilai rerata 0,91, aspek worked example dengan nilai Aiken’s V sebesar 0,93, dan hasil uji coba produk dengan nilai Aiken’s V sebesar 0,93. Aplikasi WE Kinematika memiliki kategori sangat baik berdasarkan penilaian judgment Expert, guru fisika, teman sejawat dan peserta didik. (2) aplikasi WE kinematika berbantuan Android dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis dan grafik peserta didik dengan nilai mean differences (MD) masing- masing sebesar -8,303 dan -8,455. (3) efektifitas penggunaan aplikasi WE kinematika berbantuan android dalam meningkatkan kemampuan representasi matematis dan grafik berdasarkan Partial Eta Square sebesar 77% dan 84%.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: worked example, android, kemampuan representasi matematis, kemampuan representasi grafik
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jan 2020 04:35
Last Modified: 09 Oct 2023 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67326

Actions (login required)

View Item View Item