Putra, Ardyan Permana and Jumadi, Jumadi (2019) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inquiry Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan siswa Dalam Asking Question and Defining Problem dan Engaging in Argument from Evidence. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (532kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (847kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (429kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (634kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (52kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (186kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1)Mengetahui tingkat kelayakan perangkat pembelajaran berbasis Inquiry Based Learning untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam asking question and defining problems dan engaging in argument from evidence berdasarkan NGSS materi gelombang. (2)Mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran berbasis IBL ditinjau dari peningkatan keterampilan siswa dalam asking question and defining problems dan engaging in argument from evidence berdasarkan NGSS materi gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) menggunakan 4-D methods yang diajukan Thiagarajan, Samme, dan Semmel (1974) terbagi menjadi 4 tahapan yaitu Define (tahap pendefinisan), Design (Tahap Perencanaan), Develop (Tahap Pengembangan), and Disseminate (Tahap Penyebaran). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan adalah RPP, LKS, Bahan Ajar, dan Instrumen Evaluasi. Subjek uji coba terbatas sebanyak 10 peserta didik sedang subjek uji coba lapangan sebanyak 32 siswa. Pengumpulan data menggunakan pedoman wawancara, lembar validasi instrument, lembar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi, instrument evaluasi, angket respon siswa dan guru yang semuanya dinyatakan valid dan reliabel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif, serta uji statistic t tes dan Wilcoxon signed rank test. Hasil penelitian menunjukkan : (1) produk perangkat pembelajaran yang dikembangkan memenuhi kriteria kelayakan dengan rincian RPP layak, LKS layak, bahan ajar layak, dan Instrumen evaluasi layak dan (2) Pada saat uji coba dilakukan perbandingan antara skor output pembelajaran sebelum dan sesudah pelaksanaan menunjukkan bahwa nilai signifikansi / probabilitas < 0,05, yaitu 0,013. Pada saat implementasi, hasil uji perbedaan menghasilkan nilai signifikansi / probabilitas < 0,05, yaitu 0,000. Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada siswa sebelum dengan setelah pelaksanaan pembelajaran Inquiry Based Learning berorientasi NGSS dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perangkat pembelajaran, inquiry based learning, Next Generation Science Standards |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 04:32 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 04:32 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67325 |
Actions (login required)
View Item |