Rohman, Abdul Aziz Nur and Mundilarto, Mundilarto (2019) Pengembangan E-book Fisika Model Outdoor learning Pada Pembelajaran Simulasi Berbasis Local Wisdom Gamelan Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Literasi Sains Peserta Didik SMA. S2 thesis, Program Pascasarjana.
|
Text
Cover.pdf Download (557kB) | Preview |
|
|
Text
Bab I.pdf Download (130kB) | Preview |
|
|
Text
Bab II.pdf Download (664kB) | Preview |
|
|
Text
Bab III.pdf Download (473kB) | Preview |
|
|
Text
Bab IV.pdf Download (477kB) | Preview |
|
|
Text
Bab V.pdf Download (68kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (471kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan E-book Fisika model Outdoor learning pada pembelajaran simulasi berbasis local wisdom gamelan yang layak untuk pembelajaran, (2) mengetahui efektivitas E-book model Outdoor learning pada pembelajaran simulasi berbasis local wisdom gamelan untuk meningkatkan kemampuan berpkir kritis dan literasi sains. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Development. Tahap Research digunakan untuk mengumpulkan informasi tentang permasalahan dalam pembelajaran fisika. Tahap Development digunakan untuk mengembangkan e-book fisika. Pada tahap development peneliti mengadaptasi model 4D, yang terdiri dari 4 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Subjek uji coba terbatas terdiri dari 50 peserta didik SMA Al Abidin Boarding School Surakarta dan 68 peserta didik SMA IT Nur Hidayah Sukoharjo. Subjek uji coba lapangan pada kelas eksperimen terdidri dari 35 peserta didik XI MIPA 1 dan kelas kontrol terdiri dari 35 peserta didik XI MIPA 4 SMA N 1 Jogonalan. Instrumen pengumpulan data meliputi lebar penilaian perangkat pembelajaran, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, angket respon peserta didik, lembar penilaian berpikir kritis, dan lembar angket literasi sains.Validitas penilaian produk menggunakan validitas Aiken. Validitas dan reliabilitas instrumen penilaian peserta didik menggunakan SPSS 21. Analisis data menggunakan analisis multivariat Hotelling’s T2 dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian berupa e-book fisika model Outdoor learning pada pembelajaran simulasi berbasis local wisdom dengan kriteria : (1) layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains ditinjau dari e-book fisika, perangkat pembelajaran, perangkat pendukung keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik dan instrumen penilaian berpikir kritis dan literasi sains valid dan reliabel berdasarkan hasil analisis SPSS 21, (2) efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan literasi sains ditandai dengan hasil analisis multivariat Hotelling’s T2 dengan taraf signifikansi 0,000.
Item Type: | Thesis (S2) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | berpikir kritis, gamelan, literasi sains, local wisdom, outdoor learning, simulasi |
Subjects: | Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Perpustakaan Pascasarjana |
Date Deposited: | 30 Jan 2020 04:10 |
Last Modified: | 30 Jan 2020 04:10 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67324 |
Actions (login required)
View Item |