UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DLE KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 PUNDONG

Madhatulqad, Nabilah (2020) UPAYA PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATA PELAJARAN DLE KELAS X TAV DI SMK NEGERI 1 PUNDONG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (743kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (143kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (377kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Pada kurikulum 2013 terdapat salah satu model pembelajaran yaitu discovery learning. Pada penelitian ini bertujuan: 1) meningkatkan motivasi belajar siswa menggunakan model discovery learningpada pembelajaran DLE kelas X TAV di SMK Negeri 1 Pundong, 2) meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model discovery learning pada pembelajaran DLE kelas X TAV di SMK Negeri 1 Pundong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc.Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus. Tahapan setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, serta refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TAV B di SMK Negeri 1 Pundong yang berjumlah 36 siswa pada tahun 2019/2020. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa penerapan model discovery learning dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X TAV B. Pada aspek motivasi belajar siswa siklus I rata-rata persentase motivasi belajar siswa sebesar 54,41%, sedangkan pada siklus II rata-rata persentase meningkat menjadi sebesar 74,36%. Pada hasil belajar siswa aspek sikap dan keterampilan abstrak rata-rata persentase pada siklus I sebesar 56,11%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 74,30%. Pada hasil belajar siswa aspek pengetahuan rata-rata hasil tes evaluasi belajar siswa pada siklus I sebesar 67,85 sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 87,79.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Discovery Learning, motivasi belajar, hasil belajar, DLE, siswa SMK
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:35
Last Modified: 30 Jan 2020 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67322

Actions (login required)

View Item View Item