Pengembangan Multimedia Interaktif Batik Khas Sleman Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Psikomotorik Pada Pembelajaran Seni Budaya di SMK Sleman.

Girindraswari, Nawung Asmoro and Retnowati, Trie Hartiti (2019) Pengembangan Multimedia Interaktif Batik Khas Sleman Untuk Meningkatkan Aspek Kognitif dan Psikomotorik Pada Pembelajaran Seni Budaya di SMK Sleman. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (239kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (579kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (202kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) mengetahui nilai- nilai yang terkandung pada motif batik khas Sleman, (2) mendeskripsikan prosedur pengembangan materi batik khas Sleman Parijotho Salak sebagai media pembelajaran seni budaya batik untuk mengetahui kelayakan media tersebut di SMK Sleman, dan (3) Menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran seni budaya khususnya batik berdasarkan aspek kognitif dan psikomotorik. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan pengembangan (research and development). Pada penelitian kualitatif obyek penelitian adalah batik khas Sleman motif Parijotho Salak. Teknik analisis data pada penelitian kualitatif menggunakan Flow Model Miles dan Huberman. Penelitian dan pengembangan mengadaptasi metode ADDIE yang dikembangkan oleh Steven J. Mc Griff. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas Rekayasa Perangkat Lunak SMK YPKK 1 Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling diperoleh sampel sebanyak 25 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian R&D menggunakan dokumentasi, angket, wawancara, tes, dan observasi. Uji coba validitas menggunakan rumus korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan alpha cronbach alpha. Teknik analisis data untuk membuktikan hipotesis menggunakan uji paired-sample t test. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Ide dasar penciptaan motif batik Parijotho Salak diambil dari elemen tanaman parijotho dan tanaman salak yang mempunyai nilai karakter kerja keras, dan penggunaan warna yang digunakan sangat beraneka ragam seperti coklat, warna merah, ungu, hijau, dan orange. Makna simbolik batik Parijotho Salak menggambarkan harapan kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Sleman. (2) Tahapan dalam pengembangan multimedia interaktif batik khas Sleman untuk meningkatkan aspek kognitif dan psikomotorik pada pembelajaran seni budaya di SMK Sleman adalah sebagai berikut: a) analisis kebutuhan, b) tahap perencanaan, c) tahap pengembangan produk awal menghasilkan sebuah draft yang siap untuk diujicobakan; d) uji coba meliputi uji coba pendahuluan, uji coba terbatas, dan uji coba luas; e) revisi; dan (3) terdapat peningkatan aspek kognitif dan psikomotorik pada pembelajaran seni budaya khususnya batik berdasarkan aspek kognitif dan psikomotorik di SMK Sleman.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: Multimedia Interaktif, Batik Khas Sleman, Aspek Kognitif, Aspek Psikomotorik, Pembelajaran Seni Budaya
Subjects: Seni dan Budaya > Seni Rupa
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Seni
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 30 Jan 2020 03:35
Last Modified: 30 Jan 2020 03:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67321

Actions (login required)

View Item View Item