FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN SENAM ARTISTIK PESERTA DIDIK KELAS ATAS DI SD NEGERI PUNUKAN KABUPATEN KULON PROGO

Hidayat, Ridwan Nur (2020) FAKTOR PENGHAMBAT PEMBELAJARAN SENAM ARTISTIK PESERTA DIDIK KELAS ATAS DI SD NEGERI PUNUKAN KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi Ridwan Nur Hidayat.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor hambatan pembelajaran senam artistik peserta didik kelas atas di SD Negeri Punukan Kabupaten Kulon Progo. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Punukan Kabupaten Kulon Progo. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi, dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor penghambat peserta didik kelas atas dalam pembelajaran senam artistik di SD Negeri Punukan Kabupaten Kulon Progo meliputi: (1) Faktor internal: berat badan yang berlebih/gemuk, kelenturan tubuh, tidak nyaman setelah mengikuti pembelajaran senam lantai, takut cedera. (2) Faktor eksternal: peserta didik kurang menyukai materi pembelajaran senam artistik, peserta didik lebih tertarik dengan pembelajaran yang berunsur permainan, sarana prasarana pembelajaran senam masih kurang baik, lingkungan yang mengganggu ketika pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dra. Farida Mulyaningsih, M.Kes. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran, senam artistik
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 29 Jan 2020 03:47
Last Modified: 29 Jan 2020 03:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67307

Actions (login required)

View Item View Item