PENGEMBANGAN UNIT TRAINER SUPER KAPASITOR UNTUK APLIKASI PEMBEBANAN EMERGENCY LAMP PADA MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK

Susilo, Rachmat Adi (2020) PENGEMBANGAN UNIT TRAINER SUPER KAPASITOR UNTUK APLIKASI PEMBEBANAN EMERGENCY LAMP PADA MATA KULIAH PEMBANGKIT TENAGA LISTRIK. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (77MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (119kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BABI.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (901kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (104kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Penelitian tugas akhir skripsi ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan media pembelajaran Trainer Super Kapasitor untuk Aplikasi Pembebanan Emergency Lamp yang sesuai untuk pembelajaran pembangkit tenaga listrik, (2) mengetahui kinerja media pembelajaran Trainer Super Kapasitor untuk Aplikasi Pembebanan Emergency Lamp menurut ahli materi dan ahli media, dan (3) mengetahui kelayakan media pembelajaran Trainer Super Kapasitor untuk Aplikasi Pembebanan Emergency Lamp Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (RnD) menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Develelopment, Implementation, Evaluation) menurut Robert Maribe Branch, Penelitian pengembangan dilakukan dengan subjek penelitian Mahasiswa kelas B2 2018 di Jurusan Pendidikan Teknik Elektro sebanyak 13 mahasiswa. Trainer super kapasitor diuji kinerja dengan mengisi dan mengosongkan super kapasitor serta trainer dinilai kelayakannya berdasarkan ahli materi, ahli media dan uji coba pada pengguna. Data penelitin dikumpulkan menggunakan angket dengan skala likert dengan 4 pilihan jawaban kemudian dianalisis untuk mendapatkan hasil kelayakan. Hasil yang didapat dari peneltian ini yaitu: (1) media pembelajaran trainer Super Kapasitor untuk Aplikasi Pembebanan Emergency Lamp terdapat empat komponen utama yaitu super kapasitor, panel surya, penyearah dan pembebanan. Bagian super kapasitor terdiri dari 66 buah super kapasitor yang dirangkai seriparallel. Bagian panel surya mempunyai daya sebesar 50 Watt. Bagian penyearah terdiri dari MCB, transformator, dioda, dan kapasitor. Bagian pembebanan terdiri dari IC, resistor dan LED, (2) Hasil uji pengisian didapatkan pengisian 11 modul super kapasitor parallel selama 14 menit 3 detik sampai tegangan kapasitor 14 Volt dengan arus 5,03 Ampere. Hasil uji pengosongan menggunakan LED 0,5 dan 1 Watt didapatkan lampu dapat menyala selama 12 jam sedangkan untuk lampu 5 Watt didapatkan lampu dapat menyala selama 3 jam. Hal ini menunjukkan kinerja yang baik, (3) hasil uji kelayakan ditinjau dari ahli materi memperoleh nilai 81,15% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, ditinjau dari ahli media memperoleh nilai 86,11% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, berdasarkan tanggpan pengguna media pembelajaran trainer memperoleh nilai 78,21% termasuk dalam kategori “Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran, trainer Super Kapasitor, Pembangkit Tenaga Listrik
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:43
Last Modified: 29 Jan 2020 01:43
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67300

Actions (login required)

View Item View Item