Hapsari, Elita Putri (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK MEKATRONIKA DI SMK PL LEONARDO KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.
|
Text
1. COVER.pdf Download (624kB) | Preview |
|
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (163kB) | Preview |
|
|
Text
3. BAB I.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text
4. BAB II.pdf Download (330kB) | Preview |
|
|
Text
5. BAB III.pdf Download (368kB) | Preview |
|
|
Text
6. BAB IV.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
7. BAB V.pdf Download (160kB) | Preview |
|
|
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (170kB) | Preview |
|
|
Text
9. LAMPIRAN.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai untuk Praktik Teknik Dasar Listrik dan Elektronika kelas X Teknik Mekatronika di SMK PL Leonardo Klaten; (2) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran Praktik Teknik Dasar Listrik dan Elektronika menurut ahli materi dan ahli media; (3) mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan mengadopsi Model 4D menurut Thiagarajan yang meliputi: (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement, sedangkan relibailitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) diperoleh hasil pengembangan perangkat yang sesuai untuk praktik TDLE kelas X Teknik Mekatronika di SMK PL Leonardo Klaten; (2) hasil penilaian tingkat kelayakan perangkat pembelajaran menurut ahli materi, modul memperoleh rata-rata 74,5 dengan persentase 75% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak” sedangkan LKS memperoleh ratarata 74 dengan persentase 74% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak” dan menurut ahli media, modul memperoleh rata-rata 86 dengan persentase 93% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”, sedangkan LKS memperoleh ratarata 79 dengan persentase 90% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”; (3) respon siswa memperoleh rata-rata 66,1 dengan persentase 83% kategori “Sangat Baik” untuk modul, dan LKS memperoleh rata-rata sebesar 65,27 dengan persentase 82% kategori “Sangat Baik”.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan perangkat pembelajaran, Model 4D, Praktik TDLE |
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika |
Depositing User: | Perpustakaan FT |
Date Deposited: | 29 Jan 2020 01:17 |
Last Modified: | 29 Jan 2020 01:17 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67294 |
Actions (login required)
View Item |