PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK MEKATRONIKA DI SMK PL LEONARDO KLATEN

Hapsari, Elita Putri (2020) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PRAKTIK TEKNIK DASAR LISTRIK DAN ELEKTRONIKA KELAS X TEKNIK MEKATRONIKA DI SMK PL LEONARDO KLATEN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER.pdf

Download (624kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (330kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (368kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (160kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (170kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. LAMPIRAN.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengembangan perangkat pembelajaran yang sesuai untuk Praktik Teknik Dasar Listrik dan Elektronika kelas X Teknik Mekatronika di SMK PL Leonardo Klaten; (2) mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran Praktik Teknik Dasar Listrik dan Elektronika menurut ahli materi dan ahli media; (3) mengetahui respon siswa terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dengan mengadopsi Model 4D menurut Thiagarajan yang meliputi: (1) define (pendefinisian); (2) design (perancangan); (3) develop (pengembangan); (4) disseminate (penyebarluasan). Data dikumpulkan menggunakan angket dan dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgement, sedangkan relibailitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) diperoleh hasil pengembangan perangkat yang sesuai untuk praktik TDLE kelas X Teknik Mekatronika di SMK PL Leonardo Klaten; (2) hasil penilaian tingkat kelayakan perangkat pembelajaran menurut ahli materi, modul memperoleh rata-rata 74,5 dengan persentase 75% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak” sedangkan LKS memperoleh ratarata 74 dengan persentase 74% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak” dan menurut ahli media, modul memperoleh rata-rata 86 dengan persentase 93% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”, sedangkan LKS memperoleh ratarata 79 dengan persentase 90% sehingga masuk dalam kategori “Sangat Layak”; (3) respon siswa memperoleh rata-rata 66,1 dengan persentase 83% kategori “Sangat Baik” untuk modul, dan LKS memperoleh rata-rata sebesar 65,27 dengan persentase 82% kategori “Sangat Baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan perangkat pembelajaran, Model 4D, Praktik TDLE
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 29 Jan 2020 01:17
Last Modified: 29 Jan 2020 01:17
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67294

Actions (login required)

View Item View Item