PRODUKTIVITAS PENGGUNAAN FLOATING SERVICE, JUMP FLOAT SERVICE DAN JUMPING SERVICE TOP SPIN PADA FINAL FOUR PEMAIN PUTRA PROLIGA 2019

Putra, Yusuf Satria Nugroho Bagong (2020) PRODUKTIVITAS PENGGUNAAN FLOATING SERVICE, JUMP FLOAT SERVICE DAN JUMPING SERVICE TOP SPIN PADA FINAL FOUR PEMAIN PUTRA PROLIGA 2019. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_Yusuf Satria.pdf

Download (12MB) | Preview

Abstract

Service merupakan serangan awal yang dapat langsung menghasilkan point. Kualitas service merupakan salah satu strategi kemenangan tim, sehingga perlu diketahui tingkat produktivitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis produktivitas service untuk floating service, jump float service dan jumping service top spin pemain bola voli putra pada Final Four Profesional Liga (Proliga) tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif persentase. Penelitian ini menggunakan metode survei dan pengamatan oleh judge melalui dokumen video. Populasi dalam penelitian ini pemain bola voli putra pada Final Four Proliga tahun 2019. Sampel diambil menggunakan teknik total sampling yaitu pemain tim bola voli putra pada Final Four Proliga tahun 2019. Instrumen yang digunakan berupa indikator produktivitas service untuk floating service, jump float service dan jumping service. Data yang diperoleh dalam penelitian ini diolah menjadi data kuantitatif yaitu persentase.. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 1892 service tim bola voli putra dari 12 pertandingan pada Final Four Proliga tahun 2019. Persentase produktivitas service dilihat dari nilai score floating service dengan total service 213 score 227 (11,77%), jump float service dengan total service 807 score 864 (44,79%) dan jumping service dengan total service 872 score 838 (43,44%). Hasil ini menunjukkan Produktivitas jump float service lebih tinggi dari floating service dan jumping service top spin. Dengan demikian, jump float service dalam pertandingan bola voli putra memiliki produktivitas yang paling tinggi dibandingkan floating service dan jumping service top spin.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Ch. Fajar Sri Wahyuniati, M.Or. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: bola voli, produktivitas service, floating service, jump float service, jumping service top spin
Subjects: Olahraga > Kepelatihan
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:41
Last Modified: 28 Jan 2020 07:41
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67285

Actions (login required)

View Item View Item