PENGEMBANGAN TRAINER KIT ELECTROMYOGRAPHY (EMG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH INSTRUMENTASI DAN ELEKTRONIKA MEDIS

Gunawan, Dwiki (2020) PENGEMBANGAN TRAINER KIT ELECTROMYOGRAPHY (EMG) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATA KULIAH INSTRUMENTASI DAN ELEKTRONIKA MEDIS. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (918kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (171kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (503kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (412kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (89kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Instrumentasi dan Elektronika Medis merupakan mata kuliah yang perlengkapan penunjangnya masih belum memadai. Untuk mendukung suatu pembelajaran agar tercapai pemahaman mengenai materi dan pengalaman belajar peserta didik dibutuhkan sebuah media pembelajaran yang sesuai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat rancang bangun trainer kit Electromyograph dan menguji tingkat kelayakannya sebagai media pembelajaran. Model penelitian dan pengembangan yang digunakan dalam penelitian kali ini menggunakan prosedur ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate) oleh Robert Maribe Brance. Tahap awal pengembangan meliputi analisi kebutuhan dan pembuatan desain media pembelajaran. Setelah media pembelajran selesai dikembangkan kemudian dilakukan pengujian oleh ahli media, ahli materi dan pengguna/responden. Pengujian kepada mahasiswa sebagai responden/pengguna dilakukan oleh 20 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Elektronika. Instrument pengumpuln data yang digunakan yaitu angket. Adapun teknis analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) Trainer Kit Electromyograph pada mata kuliah Instrumentasi dan Elektronika Medis terdiri dari rangkaian penguat, high pass filter, low pass filter, level shifter,dan Arduino Nano. Trainer kit Electromyograph dilengkapi juga dengan jobsheet praktikum yang telah disesuiakan materinya. (2) Tingkat kelayakan Trainer kit Electromyograph berdasarkan hasil uji validasi media sebesar 78% dengan kategori sangat layak digunakan, dan hasil uji validasi materi memperoleh hasil sebesar 84% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil ujicoba pemakain oleh responden mahasiswa diperoleh sebesar 81% dan dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Dengan hasil tersebut maka Trainer kit Electromyograph (EMG) dapat dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Instrumentasi dan Elektronika Medis di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Trainer kit, media pembelajaran, Electromyograph
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Jan 2020 07:21
Last Modified: 28 Jan 2020 07:21
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67283

Actions (login required)

View Item View Item