PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PENGUJIAN MARSHALL BAGI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN

Ghozali, Anwar (2020) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PENGUJIAN MARSHALL BAGI MAHASISWA PADA MATA KULIAH PRAKTIKUM KONSTRUKSI JALAN DAN JEMBATAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. COVER DLL.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (72kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (153kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (74kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk membuat pengembangan media pembelajaran untuk praktik pengujian Marshall pada mata kuliah Konstruksi Jalan dan Jembatan dengan menggunakan video pembelajaran. Pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah Praktikum Jalan dan Jembatan di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau research and development (R&D), penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa video pembelajaran untuk mata kuliah Praktikum Konstruksi Jalan dan Jembatan dengan durasi video 15 menit. Penelitian ini menggunakan metode four-D (4D) yang dikemukakan oleh Thiagarajan, yang meliputi empat tahapan pengembangan, yaitu: pendefinisan define, perencanaan design, pengembangan develop dan penyebaran disseminate. Hasil dari penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) telah mengembangkan konsep video pembelajaran untuk mahasiswa dengan materi pengujian Marshall; (2) telah mengembangkan rancangan video pembelajaran pengujian Marshall yang mempunyai 5 topik materi dengan format mp4; (3) berdasarkan penilaian ahli materi termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 95,9%; berdasarkan penilaian ahli media termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 84,9%; berdasarkan penilaian kelayakan video pembelajaran oleh mahasiswa termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan skor rata-rata 83%; (4) penyebarluasan dilakukan dengan 2 cara yaitu secara offline (CD/DVD) dan online (Youtube).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, video pembelajaran, pengujian marshall, konstruksi jalan dan jembatan.
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Jan 2020 06:31
Last Modified: 28 Jan 2020 06:31
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67276

Actions (login required)

View Item View Item