HUBUNGAN ANTARA SHORT SERVICE LOB SERVICE DAN SMASH DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP N 1 SEWON TAHUN 2019/2020

Setiawan, Dedy (2020) HUBUNGAN ANTARA SHORT SERVICE LOB SERVICE DAN SMASH DENGAN KETERAMPILAN BERMAIN BULUTANGKIS PADA PESERTA EKSTRAKURIKULER BULUTANGKIS SMP N 1 SEWON TAHUN 2019/2020. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara short service, lob service, dan smash dengan keterampilan bermain bulutangkis baik secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional, dengan tiga variabel bebas (short service, lob service, dan smash) serta 1 varbel terikat yaitu keterampilan bermain bulutangkis. Subyek dari penelitian ini adalah anggota ekstrakurikuler bulutangkis, dengan jumlah 20 siswa. Pengambilan data menggunakan tes, dengan instrument berupa tes short service test untuk variabel short service, lob service test untuk tes lob service, smash test untuk tes kemampuan smash, dan pertandingan setengah kompetisi (round robin) untuk tes keterampilan bermain bulutangkis. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi, baik secara sederhana maupun ganda, melalui uji prasyarat normalitas dan linearitas. Hasil penelitian memperoleh bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara short service dengan keterampilan bermain bulutangkis sebesar 0,793, dan sumbangan sebesar 16,31%. Terdapat hubungan yang signifikan antara lob service dengan keterampilan bermain bulutangkis sebesar 0,808, dan sumbangan sebesar 22,62%. Terdapat hubungan yang signifikan antara smash dengan keterampilan bermain bulutangkis sebesar 0,857, dan sumbangan sebesar 40,32%. Secara bersama-sama terdapat hubungan yang signifikan antara short service, lob service dan smash dengan keterampilan bermain bulutangkis sebesar 0,890, dan sumbangan sebesar 70,25%.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Drs. Amat Komari, M.Si. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: short service, lob service, smash, bulutangkis
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jan 2020 05:00
Last Modified: 28 Jan 2020 05:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67271

Actions (login required)

View Item View Item