PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INVERSE KINEMATIK DENGAN CNC DRAWING ROBOT PADA MATA KULIAH ROBOTIKA

Prasakti, Ridho (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INVERSE KINEMATIK DENGAN CNC DRAWING ROBOT PADA MATA KULIAH ROBOTIKA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (949kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (99kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (799kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi dunia intustri semakin maju dan membutuhkan media pembelajaran yang mampu mengikuti perkembangan yang ada. Penggunaan mesin CNC dan penerapan ilmu kinematika merupakan salah satu teknologi yang sering digunakan sehingga dibutuhkan media pembelajaran yang mempelajari hal tersebut. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk: (1) rancang bangun media pembelajaran inverse kinematik dengan CNC drawing robot pada mata kuliah Robotika, (2) mengetahui unjuk kerja media pembelajaran inverse kinematik dengan CNC drawing robot pada mata kuliah, (3) mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran inverse kinematik dengan CNC drawing robot pada mata kuliah Robotika. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan RnD (Research and Development) dengan prosedur pengembangan model ADDIE. Model pengembangan ADDIE yang dilaksanakan yaitu Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Objek dalam penelitian ini adalah media praktikum CNC Drawing Robot dan jobsheet praktikum sebagai media pembelajaran mata kuliah Robotika. Subjek penelitian adalah mahasiswa program studi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan kuisioner. Instrumen yang digunakan dalam bentuk angket dengan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) Media pembelajaran inverse kinematik dengan CNC drawing robot pada mata kuliah Robotika terdiri dari bagian mekanik penggerak, bagian elektronik dan box packaging. Media pembelajaran dilengkapi dengan jobsheet praktikum yang telah disesuaikan materinya. (2) Tingkat kelayakan media pembelajaran inverse kinematik dengan CNC drawing robot berdasarkan hasil uji validasi media sebesar 98% dengan kategori sangat layak digunakan, dan hasil uji validasi materi memperoleh hasil sebesar 91% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil ujicoba pemakaian oleh responden mahasiswa diperoleh sebesar 86% dan dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Dengan hasil tersebut maka Media Pembelajaran Inverse Kinematik dengan CNC Drawing Robot dapat dikategorikan sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata kuliah Robotika di Jurusan Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: CNC Drawing Robot, media pembelajaran, mata kuliah Robotika
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:39
Last Modified: 28 Jan 2020 04:39
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67269

Actions (login required)

View Item View Item