FAKTOR PENGHAMBAT PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL YOGYAKARTA DALAM PEMBELAJARAN SIKAP LILIN

Agustien, Alvira Ajitya (2020) FAKTOR PENGHAMBAT PESERTA DIDIK KELAS VII DI SMP NEGERI 3 SEWON BANTUL YOGYAKARTA DALAM PEMBELAJARAN SIKAP LILIN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Sewon Bantul Yogyakarta dalam pembelajaran sikap lilin. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 3 Sewon Bantul Yogyakarta. Subjek dan sumber data dalam penelitian ini adalah 15 peserta didik kelas VII SMP Negeri 3 Sewon Bantul Yogyakarta yang memiliki faktor penghambat dalam pembelajaran sikap lilin. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif model Miles dan Huberman. Teknik analisis data Miles dan Huberman meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat peserta didik kelas VII di SMP Negeri 3 Sewon Bantul Yogyakarta dalam pembelajaran sikap lilin, dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu: (1) Faktor internal kurang baik, dikarenakan peserta didik ada yang sedang sakit, berat badan yang berlebih, merasa tidak nyaman karena membuat badan menjadi sakit dan pegal-pegal, peserta didik merasa kurang tertarik mengikuti pembelajaran sikap lilin, dan takut mengalami cedera saat melakukan gerakan sikap lilin. (2) Faktor eksternal kurang baik, dikarenakan peserta didik lebih menyukai olahraga permainan, peserta didik merasa kesulitan saat melakukan gerakan sikap lilin, guru tidak menggunakan media dan sarana prasarana yang tepat untuk pembelajaran sikap lilin terutama pada saat praktek dihall dan guru tidak memberikan contoh dari tiap tahapan gerakan sikap lilin.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dra. Farida Mulyaningsih, M.Kes. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran sikap lilin
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jan 2020 04:55
Last Modified: 28 Jan 2020 04:55
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67268

Actions (login required)

View Item View Item