IDENTIFIKASI PENERAPAN PERATURAN (RULES) DAN RUTINITAS (ROUTINES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD SE-KABUPATEN BANTUL

Romadhona, Muhammad Abdurrofi' (2020) IDENTIFIKASI PENERAPAN PERATURAN (RULES) DAN RUTINITAS (ROUTINES) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI DI SD SE-KABUPATEN BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi_muhammad abdurrofi romadhona_15604224014.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi penerapan peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD se-Kabupaten Bantul. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah survei. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Jasmani di SD se-Kabupaten Bantul yang berjumlah 346 sekolah. Teknik pengambilan sampel berdasarkan teori dari Sugiyono, sebesar 5% dari jumlah populasi, sehingga sampel berjumlah 171 guru. Instrumen penelitian ini berupa angket yang sudah diujicobakan, angket penerapan peraturan (rules) koefisien validitas sebesar 0,918 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,992, sedangkan angket rutinitas (routines) koefisien validitas sebesar 0,952 dan koefisien reliabilitas sebesar 0,986. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan peraturan (rules) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD se-Kabupaten Bantul berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 guru), “kurang” sebesar 0% (0 guru), “cukup” sebesar 29,24% (50 guru), “baik” sebesar 65,50% (112 guru), dan “sangat baik” sebesar 5,26% (9 guru). (2) Penerapan rutinitas (routines) dalam pembelajaran PJOK di SD se-Kabupaten Bantul berada pada kategori “sangat kurang” sebesar 0% (0 guru), “kurang” sebesar 0,58% (1 guru), “cukup” sebesar 15,20% (26 guru), “baik” sebesar 77,19% (132 guru), dan “sangat baik” sebesar 7,02% (12 guru). Dapat disimpulkan bahwa penerapan peraturan (rules) dan rutinitas (routines) dalam pembelajaran Pendidikan Jasmani di SD se-Kabupaten Bantul dalam kategori “baik”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Drs. Sriawan, M.Kes. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: peraturan (rules), rutinitas (routines), pendidikan jasmani
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jan 2020 03:37
Last Modified: 28 Jan 2020 03:37
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67265

Actions (login required)

View Item View Item