MAKNA OLAHRAGA BAGI MASYARAKAT DUSUN KALANGBANGI KULON, DESA NGEPOSARI, KECAMATAN SEMANU, KABUPATEN GUNUNGKIDUL (Studi Fenomenologi)

Prihatno, Antonius Yoyok (2020) MAKNA OLAHRAGA BAGI MASYARAKAT DUSUN KALANGBANGI KULON, DESA NGEPOSARI, KECAMATAN SEMANU, KABUPATEN GUNUNGKIDUL (Studi Fenomenologi). S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Antonius Yoyok Prihatno 14601244022.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana masyarakat Dusun Kalangbangi Kulon memaknai olahraga dalam kehidupan setiap harinya. Subjek dalam penelitian ini adalah sembilan orang yang merupakan masyarakat Dusun Kalangbangi Kulon. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan mengunakan pendekatan studi fenomenologi. Alat pengumpulan data ialah wawancara. Pengumpulan data dalam penelitian ini mengunakan wawancara yang disusun berdasarkan 7 aspek yang dianggap berpengaruh terhadap masyarakat dalam memaknai olahraga, yaitu: (1) Diri Sendiri, (2) Keluarga, (3) Media Massa, (4) Kebutuhan, (5) Gaya Hidup, (6) Lingkungan, (7) Makna olahraga. Analisis data yang dilakukan dengan proses editing, klarifikasi, pengelompokan kode. Pada akhirnya, pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah ketercakupan Referensial (Referential Adequacy) atau menggunakan bahan refrensi. Hasil penelitian menunjukan bahwa masyarakat memaknai olahraga sendiri berbeda satu dengan lainya. (1) Masyarakat menjadikan olahraga sebagai hobi dalam aktivitas fisik atau tanpa aktivitas fisik. (2) Masyarakat menganggap olahraga merupakan sebuah kebutuhan. Namun kenyatannya, masyarakat belum mampu menjadikan sebagai kebutuhan, olahraga dimasyarakat cenderung bersifat sebagai keinginan. (3) Tujuan masyarakat berolahraga untuk menjaga kondisi tubuh dan berperilaku sehat. (4) Orang tua memperkenalkan olahraga untuk, pendidikan dalam menyalurkan bakat dan kemampuan agar anak memperoleh prestasi. (5) Interaksi masyarakat yang terjalin dalam olahraga menjadikan sebuah ruang kohesi sosial dalam menyatukan kelompok masyarkat.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Muhammad Hamid Anwar, M.Phil. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: olahraga, masyarakat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:58
Last Modified: 28 Jan 2020 02:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67260

Actions (login required)

View Item View Item