SURVEI KEAKTIFAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN RENANG DI SLB N 2 YOGYAKARTA

Fatikhah, Mustika Al (2020) SURVEI KEAKTIFAN ANAK TUNAGRAHITA RINGAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA DALAM MENGIKUTI PEMBELAJARAN RENANG DI SLB N 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MUSTIKA PJKR 2016.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keaktifan anak tunagrahita ringan Sekolah Menengah Pertama dalam mengikuti aktivitas pembelajaran renang di SLB N 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Setting penelitian ini dilakukan di SLB N 2 Yogyakarta. Sampel dalam penelitian ini yaitu anak tunagrahita ringan SMP di SLB N 2 Yogyakarta yang diambil dengan teknik purposive sampling yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan pengamatan dengan tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penyajian data. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber, yaitu mengabungkan data hasil observasi dan wawancara mendalam dengan guru PJOK, kepala sekolah dan wali kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keaktifan anak tunagrahita ringan SMP dalam pembelajaran renang di SLB N 2 Yogyakarta cukup baik, hal tersebut dibuktikan dengan partisipasi, interaksi, dan prestasi siswa dalam pembelajaran renang. Upaya yang dilakukan pihak sekolah juga cukup baik, yaitu dengan menyewa kolam renang Kinasih untuk digunakan pembelajaran. Keterbatasan yang ada yaitu keterbatasan fasilitas kolam renang, sehingga dalam pelakasanaan pembelajaran renang harus melibatkan pihak ketiga.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Hedi Ardiyanto Hermawan, M.Or. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: anak tunagrahita ringan, pembelajaran renang
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:52
Last Modified: 28 Jan 2020 02:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67258

Actions (login required)

View Item View Item