ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMA NEGERI UNTUK WILAYAH KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013

Nooriswan, Luthfi (2020) ANALISIS RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN (PJOK) DI SMA NEGERI UNTUK WILAYAH KOTA YOGYAKARTA DITINJAU DARI MODEL PEMBELAJARAN PADA KURIKULUM 2013. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi PDF.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis rencana pelaksanaan pembelajaran yang disusun oleh guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SMA Negeri Kota Yogyakarta tentang model pembelajaran pada Kurikulum 2013. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan metode survey, dengan teknik pengumpulan data menggununakan instrumen penilaian atau analisis data. Subyek penelitian ini adalah seluruh Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan SMA Negeri se-Kota Yogyakarta yang berjumlah 10 Guru yang dilakukan pada 1 Oktober – 31 Oktober 2019 dan dalam penelitian ini yang diteliti atau dianalisis adalah komponen-komponen Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) tentang Model Pembelajaran yang telah disusun Guru PJOK. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis rencana pelaksanaan pembelajaran guru PJOK tentang Model Pembelajaran di SMA Negeri se-Kota Yogyakarta berada pada kategori “sangat baik” dengan persentase 80%, kategori “baik” dengan persentase 20%, kategori “cukup” dengan persentase 0%, kategori “kurang” dengan persentase 0% dan kategori “sangat kurang” dengan persentase 0%. Guru yang menggunakan pendekatan saintifik yang ditandai dengan dicantumkannya langkah 5M di dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam RPP yang disusun, dari 10 sekolah ada 8 sekolah sudah menggunakan pendekatan saintifik dan 2 di antaranya belum menggunakan pendekatan saintifik. Berdasarkan data analisis 10 RPP menunjukkan bahwa ada 4 guru yang menyantumkan dengan jelas langkah model pembelajaran yang digunakan pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang disusun dan 6 guru tidak menyantumkannya.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Dr. Sri Winarni, M.Pd. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: analisis RPP, model pembelajaran, PJOK
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:30
Last Modified: 28 Jan 2020 02:30
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67255

Actions (login required)

View Item View Item