PERSEPSI SOSIAL DAN UPAYA PARA PELAKU OLAHRAGA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER FAIRPLAY DALAM SEPAKBOLA DI KABUPATEN KULON PROGO

Hidayati, Alifah (2020) PERSEPSI SOSIAL DAN UPAYA PARA PELAKU OLAHRAGA UNTUK MEMBANGUN KARAKTER FAIRPLAY DALAM SEPAKBOLA DI KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi fix.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi sosial dan upaya para pelaku olahraga untuk membangun karakter fairplay dalam sepakbola di Kabupaten Kulon Progo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif menggunakan metode mix methods. Subjek dalam penelitian ini adalah para pelaku olahraga yaitu pelatih, wasit, atlet, masyarakat, supporter, dan orang tua yang berasal dari Kabupaten Kulon Progo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket yang diperkuat dengan lembar observasi.Teknik analisis data deskriptif kuantitatif dituangkan dalam bentuk persentase, sedangkan deskriptif kualitatif diuji keabsahan menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi sosial dan upaya para pelaku olahraga untuk membangun karakter fairplay dalam sepakbola di Kabupaten Kulon Progo adalah tinggi. Secara rinci, sebanyak 0 responden (0%) mempunyai persepsi sangat rendah, 0 responden (0%) mempunyai persepsi rendah, 12 (8,00%) mempunyai persepsi sedang, 121 responden (80,67%) mempunyai persepsi tinggi, dan 17 responden (11,33%) mempunyai persepsi sangat tinggi. Frekuensi terbanyak sebesar 80,67%, yaitu pada kategori tinggi. 2) Hasil penelitian menggunakan lembar observasi menunjukkan bahwa persepsi sosial dan upaya para pelaku olahraga untuk membangun karakter fairplay dalam sepakbola di Kabupaten Kulon Progo adalah tinggi. Ditinjau dari faktor internal yang teridiri dari: Sikap dan kepribadian, proses belajar, perasaan, minat dan motivasi, keinginan dan harapan. Faktor eksternal yang terdiri dari: keluarga dan lingkungan sosial, bentuk dan stimulus, informasi.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Fathan Nurcahyo, M.Or. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: sepakbola, fairplay
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Olahraga > PGSD Pendidikan Jasmani
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:24
Last Modified: 28 Jan 2020 02:24
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67254

Actions (login required)

View Item View Item