TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK TERHADAP METODE PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 SD NEGERI SE-KECAMATAN BULUS PESANTREN KABUPATEN KEBUMEN

Saloko, Arif (2020) TINGKAT PEMAHAMAN GURU PJOK TERHADAP METODE PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013 SD NEGERI SE-KECAMATAN BULUS PESANTREN KABUPATEN KEBUMEN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
TUGAS AKHIR SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pemahaman guru PJOK terhadap metode pembelajaran dalam kurikulum 2013 Sekolah Dasar Negeri seKecamatan Bulus Pesantren Kabupaten Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif. Metode yang digunakan adalah survei. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PJOK di Sekolah Dasar se-Kecamatan Bulus Pesantren Kabupaten Kebumen yang berjumlah 32 guru, yang diambil menggunakan teknik total sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif yang disajikan dalam bentuk persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat pemahaman guru PJOK terhadap metode pembelajaran dalam kurikulum 2013 Sekolah Dasar Negeri seKecamatan Bulus Pesantren Kabupaten Kebumen berada pada kategori “sangat rendah” sebesar 0% (0 guru), “rendah” sebesar 15,62% (5 guru), “cukup” sebesar 84,38% (27 guru), “tinggi” sebesar 0% (0 guru), dan “sangat tinggi” sebesar 0% (0 guru). Berdasarkan nilai rata-rata, yaitu 48,63, tingkat pemahaman guru PJOK terhadap metode pembelajaran dalam kurikulum 2013 Sekolah Dasar Negeri seKecamatan Bulus Pesantren Kabupaten Kebumen dalam kategori “cukup”.

Item Type: Thesis (S1)
Additional Information: Aris Fajar Pambudi, M.Or. (Dosen Pembimbing)
Uncontrolled Keywords: pemahaman guru, metode pembelajaran K-13
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 28 Jan 2020 02:00
Last Modified: 28 Jan 2020 02:00
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67249

Actions (login required)

View Item View Item