PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PROSES PRODUKSI BETON READY MIX PADA MATA KULIAH BAHAN BANGUNAN II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN

Wijayanti, Qurmiya Arim (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PROSES PRODUKSI BETON READY MIX PADA MATA KULIAH BAHAN BANGUNAN II DI JURUSAN PENDIDIKAN TEKNIK SIPIL DAN PERENCANAAN. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
1. Cover.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (114kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (134kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BAB V.pdf

Download (126kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Daftar Pustaka.pdf

Download (105kB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. Lampiran.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan media pembelajaraan berbasis video pada mata kuliah Bahan Bangunan II di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY; (2) menguji kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media dan pengguna. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian pengembangan (R&D) yang mengacu pada model pengembangan 4D (four-D) oleh Thiagarajan, meliputi empat tahapan, yaitu: tahap pendefinisian (define), tahap perencanaan (design), tahap pengembangan (develop), dan tahap penyebaran (disseminate). Intrumen yang digunakan berupa angket menggunakan skala Likert dengan empat pilihan jawaban. Angket tersebut digunakan dalam proses validasi ahli materi, ahli media serta pengguna. Data hasil angket dianalisis secara kuantitatif. Selanjutnya hasil analisis digunakan untuk revisi media pembelajaran yang dikembangkan. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran memperoleh kesimpulan sebagai berikut: (1) telah dikembangkan media pembelajaran proses produksi beton secara ready mix dengan model pengembangan 4D. Tahap define, merancang media dengan menganalisis kompetensi, karakter peserta didik, kosep media dan perumusan tujuan pembelajaran. Tahap design, melakukan pengumpulan bahan materi hingga tahap pembuatan media. Tahap develop, dihasilkan media video yang layak melalui penilaian ahli dan revisi. Tahap disseminate, media disebarluaskan dengan cara dikemas dalam bentuk CD, flashdisk, dan diunggah ke internet; (2) kelayakan media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi mendapat skor 87,5% termasuk dalam kategori “sangat layak”, sedangkan penilaian oleh ahli media sebesar 87,5% termasuk dalam kategori “sangat layak” dan hasil skor penilaian pengguna yang masuk pada kriteria sangat layak dan layak ialah sebesar 96,96%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, beton ready mix, research and development
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Perpustakaan FT
Date Deposited: 24 Jan 2020 05:58
Last Modified: 24 Jan 2020 05:58
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67213

Actions (login required)

View Item View Item