Nararya Rahadyan Budiyono, Budiyono (2012) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TENTANG PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII RSBI SMA N 1 BANJAR JAWA BARAT. S1 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (37kB) | Preview |
Abstract
PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF TENTANG PERGURUAN TINGGI PADA SISWA KELAS XII RSBI SMA N 1 BANJAR JAWA BARAT Oleh : Nararya Rahadyan Budiyono 07104241003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif tentang perguruan tinggi pada siswa kelas XII RSBI SMA N 1 Banjar Jawa Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian pengembangan dan menggunakan model yang dikembangkan oleh Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah pengembangan. Produk yang dihasilkan adalah multimedia interaktif tentang dunia perguruan tinggi pada siswa kelas XII RSBI SMA N 1 Banjar Jawa Barat, yang berisi mengenai pengenalan perguruan tinggi, direktori perguruan tinggi, serta meneropong lebih dekat kampus dan mahasiswa. Media terlebih dahulu divalidasi oleh ahli materi dan ahli media. Sedangkan subjek uji coba adalah siswa kelas XII RSBI SMA N 1 Banjar. Pemilihan subjek dilakukan dengan teknik random sampling untuk 6 siswa pada uji lapangan awal, 10 siswa pada uji lapangan utama, dan 30 siswa pada uji lapangan operasional. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis isi pada data kualitatif serta analisis deskriptif terhadap data kuantitatif dengan presentase. Mutimedia interaktif tentang perguruan tinggi pada siswa kelas XII RSBI SMA N 1 Banjar Jawa Barat dikembangkan melalui tahap validasi, tahap uji coba, serta tahap revisi. Pada tahap validasi, modul divalidasikan terhadap ahli materi yang memperoleh hasil yang baik, serta ahli media yang juga memperoleh hasil yang baik. Pada uji coba lapangan awal, media layanan informasi untuk aspek pembelajaran, aspek isi, aspek tampilan, dan aspek pemrograman memperoleh hasil yang sangat baik dengan perolehan skor sebesar 79,8%. Pada tahap uji coba lapangan utama, media layanan informasi untuk aspek pembelajaran, aspek isi, aspek tampilan, dan aspek pemrograman memperoleh hasil yang sangat baik pula dengan perolehan skor sebesar 86,14%. Dan pada tahap uji coba lapangan operasional, media layanan informasi untuk aspek pembelajaran, aspek isi, aspek tampilan, dan aspek pemrograman juga memperoleh hasil yang sangat baik dengan perolehan skor sebesar 89,63%. Dengan demikian multimedia interaktif mengenai perguruan tinggi yang dikembangkan, layak digunakan siswa maupun guru pembimbing sebagai sumber referensi dalam hal pemahaman, pengetahuan, serta penguasaan dunia perguruan tinggi. Kata kunci : multimedia interaktif, perguruan tinggi, SMA N 1 Banjar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > Bimbingan dan Konseling ?? ppb ?? |
Depositing User: | Admin Psikologi Pendidikan dan Bimbingan FIP |
Date Deposited: | 19 Oct 2012 08:38 |
Last Modified: | 29 Jan 2019 16:55 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/6721 |
Actions (login required)
View Item |