Kebijakan Pemerintah dalam Pemberdayaan Objek Wisata Goa Jatijajar melalui Partisipasi Masyarakat di Desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen.

Fitriawan, Erich and Nasiwan, Nasiwan (2019) Kebijakan Pemerintah dalam Pemberdayaan Objek Wisata Goa Jatijajar melalui Partisipasi Masyarakat di Desa Jatijajar Kecamatan Ayah Kabupaten Kebumen. S2 thesis, Program Pascasarjana.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab II.pdf

Download (452kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab III.pdf

Download (115kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab IV.pdf

Download (861kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab V.pdf

Download (66kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (238kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Lampiran.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan:(1) Mengetahui Kebijakan Pemerintah daerah Kabupaten Kebumen dalam pemberdayaan obyek pariwisata Goa Jatijajar. (2) Mengetahui partisipasi masyarakat dalam memberdayakan obyek pariwisata Goa Jatijajar. (3) Mengetahui dampak obyek wisata Goa Jatijajar terhadap kehidupan masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif dalam pengekplorasi data. Sampelnya ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Tempat penelitian di Desa Jatijajar, Kecamatan Ayah, Kabupaten Kebumen. Subjek penelitian adalah Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen dan masyarakat sekitar Goa Jatijajar. Pengumpulan data dengan observasi langsung dan wawancara. Validasi data menggunakan triangulasi, analisis data melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kemudian dilakukakan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen setiap tahunnya melakukan kebijakan dalam pengembangan objek wisata, goa Jatijajar dengan penambahan fasilitas/sarana dan prasarana; menjalin kerjasama dengan dinas/instansi melakukan pembinaan terhadap kelompok sadar wisata baik dalam lingkungan wisata maupun luar objek wisata. Masyarakat ikut berpartisipasi dalam program-program yang dilaksanakan oleh Dinas Pariwisata, seperti wisata pendidikan anak sekolah dasar sampai dengan perguruan tinggi di Kabupaten Kebumen penyelenggaraan Pekan Seni Promosi Pembangunan (PSPP) menjaga keamanan dan kebersihan lingkungan objek wisata Goa Jatijajar, seperti kerja bakti untuk menyambut Pesta Lebaran. Selanjutnya Dampak kebijakan Dinas Pariwisata Kabupaten Kebumen berdampak positif masyarakat dapat membuka lapangan kerjaan ataupun usaha antara lain: membuka warung, kios, tanaman hias dan souvenir serta photografi, warga desa bisa menyuguhkan seni budaya yang ada di daerahnya. Dampak negatifnya yaitu warga terutama anak-anak terpengaruh akan perilaku parawisatawan yang kurang baik, sering terjadinya tindak criminal. Kebijakan dinas pariwisata menentukan arah pengembangan objek wisata Goa Jatijajar, seperti mengembangkan kelompok sadar wisata.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kebijakan pemerintah, partisipasi masyarakat, pemberdayaan
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 23 Jan 2020 04:02
Last Modified: 23 Jan 2020 04:02
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/67204

Actions (login required)

View Item View Item